Olahraga

Impian Terakhir di Penghujung Karier

Selasa, 20 June 2017 01:00 WIB Penulis: (Rul/R-3)

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

IMPIAN Liliyana Natsir satu per satu mulai terwujud di penghujung karier. Atlet ganda campuran yang berpasangan dengan Tontowi Ahmad tersebut memang selalu berambisi meraih setidaknya satu gelar bergengsi setiap tahun. Mulai gelar All England, Kejuaraan Dunia, SEA Games, Olimpiade, hingga terakhir menjadi juara di turnamen Indonesia Terbuka Super Series Premier 2017 yang berlangsung pekan lalu sudah diwujudkan Liliyana. Namun, Liliyana mengaku masih haus gelar.

Atlet kelahiran Manado, Sulawesi Utara, 9 September 1985 tersebut merasa masih memiliki 'utang' terhadap Indonesia dan juga dirinya. Utang yang dimaksud ialah gelar juara di multiajang Asian Games 2018. "Ada satu gelar yang belum tercapai dan itu masih mengganjal saya, yakni Asian Games. Saya berharap bisa meraih emas di multiajang tersebut sebelum gantung raket." Prestasi tertinggi Liliyana di multiajang Asian Games ialah medali perak yang diraihnya bersama Tontowi pada 2014 di Korea Selatan.

Di babak final, Tontowi/Liliyana harus menyerah dari musuh bebuyutan, Zhang Nan dan Zhao Yunlei. Peraih tiga gelar Kejuaraan Dunia dan All England itu pun bertekad menuntaskan ambisi menjadi juara di kandang sendiri. "Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah jelas kita ingin dapat emas, dan itulah tujuan akhir saya di Asian Games tahun depan," ujar atlet berusia 31 tahun tersebut.

"Jelas harus bisa. Hari ini kita bisa buktikan kita main sebagai tuan rumah dan ternyata kita bisa menjadi juara di Indonesia Terbuka," tambahnya. Ketika ditanya kapan akan menggantungkan raket, ia mengaku belum tahu. Juara Olimpiade Rio de Janeiro 2016 yang kini menduduki peringkat ketiga dunia tersebut mengatakan akan terus memantau kondisi dalam setiap pertandingan. "Saya mau step by step saja, pertama saya melihat dahulu kondisi saya di kejuaraan dunia dan ada Asian Games juga. Saya akan lihat masih fit atau tidak," tandasnya.

Komentar