Otomotif

Toyota New Agya Laris Manis Penjualan Lebihi Ekspektasi

Kamis, 8 June 2017 02:45 WIB Penulis: (Gnr/S-2)

ANTARA FOTO/Dewi Fajriani

SEJAK diluncurkan pada 7 April lalu, mobil murah ramah lingkungan (LCGC) teranyar milik Toyota, New Agya, menunjukkan performa ciamik dari segi penjualan. Dari target penjualan 3.000-an unit pada rentang 7 April-7 Mei, Toyota New Agya justru mencetak penjualan hingga 5.000-an unit. VP Director of PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengungkapkan, dari dua varian mesin yang disiapkan, yaitu 1.000 cc dan 1.200 cc, penjualan terbesar, bahkan hingga 96% dari total penjualan New Agya, disumbang varian 1.200 cc. Dari varian tersebut, model Toyota Racing Development (TRD) yang terlaris.

"Jawa Barat masih jadi yang terbanyak untuk penjualan Toyota New Agya, yaitu hingga 20%. Kemudian disusul Jawa Timur yang mencapai 11,6%. Transmisi manual masih dominan dalam penjualan. Sejauh ini, semua pemesanan bisa kita wujudkan tanpa harus inden," kata Henry di sela Journalist Test Drive (JTD) di Surabaya, Jawa Timur, medio Mei.

Meski penjualan Toyota New Agya menunjukkan tren meningkat, Henry menegaskan, mobil yang tersedia dengan transmisi otomatis dan manual itu belum bisa menggeser popularitas Avanza dan Calya yang menduduki peringkat teratas penjualan produk Toyota hingga saat ini. Secara keseluruhan, selama periode Januari-April 2017, penjualan mobil Toyota naik 6% ketimbang periode serupa tahun lalu, atau tumbuh lebih dari 120 ribu unit. Henry berharap, kondisi itu bisa berlangsung hingga akhir tahun ini kendati perekonomian Indonesia belum pulih sempurna.

Mudik
Penjualan mobil Toyota juga diharapkan terkerek naik dengan adanya momentum Hari Raya Idul Fitri pada bulan ini. Tradisi mudik oleh masyarakat urban, ungkap Henry, biasanya ikut memacu transaksi penjualan mobil yang akan dipakai mudik. TAM juga sudah memulai aktivitas pre-holiday di bengkel resmi Toyota sejak 15 Mei sampai 10 Juli 2017.
Aktivitas bagi pengendara yang akan menggunakan mobilnya untuk mudik atau berlibur itu ialah pemberian diskon khusus di bengkel Toyota mulai jasa servis sampai suku cadang.

"Kami ingin pengendara yang akan mudik itu servis awal waktu. Bukan mepet saat akan mudik karena biasanya antre panjang. Saat mudik, kami juga buka 22 posko sepanjang jalur mudik di tingkat nasional," terang Didi Ahadi dari Technical Service Division TAM.

Komentar