MI Gaya

Indahnya Batik Motif Tenun Sumba

Jum'at, 2 June 2017 16:56 WIB Penulis: Sri Purwandhari

ANTARA/Zabur Karuru

BAGAIMANA bila kain batik diberi motif tenun Sumba? Beberapa orang pasti mempertanyakannya, apakah akan indah hasilnya?

Alleira Batik menjawabnya melalui koleksi terbaru mereka. Motif Tenun Sumba khas Nusa Tenggara Timur diaplikasikan pada koleksi Alleira untuk Ramadhan dan Lebaran 2017. Sebagai brand yang konsisten dengan batik, inilah bukti Alleira tak pernah berhenti berinovasi untuk memajukan industri mode Tanah Air.

Jika dicermati, Alleira selalu mengangkat tema motif yang berbeda untuk setiap koleksinya. Hal ini patut diapresi, sebab Indonesia memiliki banyak sekali motif. Dengan kata lain, Indonesia kaya motif, sesuai dengan keragaman kain adat di negeri ini.

Kali ini, karena yang dipilih adalah motif tenun, maka Alleira harus membuat kain tenun dengan proses membatik yang memakai canting cap. Jika dilihat dari hasilnya, sekilas terlihat sederhana, tapi prosesnya tak semudah menggambar bebas atas abstrak.

Motif Tenun Sumba sangat khas. Desain ragamnya simetris yang melambangakan keseimbangan dan keharmonisan hidup manusia. Selain motif tenun Sumba, Alleira juga tetap menghadirkan motif bunga yang cantik.

Koleksi Anavarna dipergelarkan di Lamoda Cafe, Plaza Indonesia. Desain yang dipersembahkan Alleira berbentuk loose blouse, kaftan, tunic, basic pants, dan cullotes pants. Sementara untuk para pria, Alleira juga menawarkan kemeja bermotif tenun Sumba yang akan menambah gaya penampilan pemakaianya.

Warna-warna yang digunakan didominasi oleh warna lembut dan monokrom. Untuk padanannya dipilih warna merah bata, oranye, dan putih.

Sebagaimana fashion show sebelumnya, Alleira selalu menampilkan model VIP, yaitu Duta Besar dan istri Duta Besar negara sahabat. Maka hadirlah, antara lain Madame Houda dari Tunisia dan Madame Chiko dari Jepang di catwalk. (X-12)

Komentar