celoteh

Om Ganteng

Jum'at, 2 June 2017 10:50 WIB Penulis: Ronald Surapradja

MI/Retno Hermawati

SINGAPORE Indoor Stadium, 28 Mei 2017. Tepat pukul 21.00 suara penonton bergemuruh menyambut naiknya sesosok lelaki ke atas panggung. Badannya tegap, langsing, dan kering. Wajahnya segar meskipun kita tahu dia sudah tidak muda lagi. Dengan suara khas lalu mengalirlah lagu pertama Synchronicity II. Tahu kan siapa yang saya bicarakan? Ya, Sting.

Perjalanan musiknya sudah panjang terbentang selama 39 tahun sejak dia masih tergabung di The Police, dan sepanjang itu juga eksplorasi yang dia lakukan tiada henti. Musik boleh berubah, tapi muka sama badan gitu-gitu aja. Dari dulu sampai sekarang perasaan sama. Kok bisa sih?

Tahun ini Sting berusia 66 tahun, tapi rasanya dia lebih sehat daripada saya yang jauh lebih muda haha. Sepanjang show enggak ada tuh yang namanya slip nyanyi sumbang atau main bas fals. Semua terjaga sempurna.

Saya yang penonton saja enggak terus-terusan nyanyi. Ada istirahatnya ambil napas karena capek, nah dia terus nyanyi dengan powerful dan merdu. Ini tur dunia lo! Kagum beneran saya.

Om ganteng ialah kategori yang dibuat istri saya untuk lelaki dewasa yang menawan dan terlihat lebih muda daripada usianya. Daftarnya panjang. Selain ada Sting, ada George Clooney, Hugh Jackman, Pierce Brosnan, dan Ralph Fiennes. Ini sering jadi bahan obrolan kami sebelum tidur.

Intinya istri saya meminta saya untuk masuk kategori om om ganteng itu ketika nanti sudah seusia mereka. Walaah...

Siapa yang tidak mau terlihat awet muda? Sting sudah menjalani hidup sehat sejak lama. Dia makan makanan sehat dan organik, mengurangi asupan garam, gula, dan menjauhi alkohol, serta rutin melakukan yoga.

Namun, sebetulnya kita bisa seperti Sting lo, dan sekarang kita sedang melakukannya, hanya mungkin tidak sadar atau kurang benar dalam pelaksanaannya. Jadi, hasilnya tidak maksimal.

Puasa Ramadan yang sedang kita lakukan sebenarnya sudah menuju arah hidup sehat, yaitu pola makan jadi teratur, mengatur porsi dan menu makanan, serta menjauhi hal yang dapat membatalkan puasa seperti rokok dan alkohol. Banyak yang akhirnya berhenti merokok setelah sebulan berpuasa. Bagus, kan?

Nah kalau Sting rutin melakukan yoga, bukankah kita juga yoga minimal lima kali dalam sehari, yang namanya salat? Tujuan yoga ialah mengembangkan kesadaran batin sebagai dasar bagi kehidupan luar dalam rangka membangun hubungan kepada Ilahi. Salat juga.

Filosofi yoga ialah dengan membersihkan pikiran dan mengendalikan proses berpikir agar batin menjadi damai yang membuat kita bisa melihat dunia dalam cahaya sejati dan untuk menerima kebenaran secara keseluruhan. Ya salat juga sama.

Karena pengin masuk kategori om ganteng yang istri saya minta, akhirnya saya jadi kepikiran untuk melanjutkan puasa setelah Ramadan usai dengan puasa sunah. Lalu saya berniat memperbanyak salat sunah selain salat yang lima waktu. Sepertinya muluk-muluk hehe, tapi ya boleh dicoba belajar deh. Satu hal yang saya enggak bisa, main bas seperti Sting karena jari saya pendek dan buntet haha.

Malam berikutnya saya dan istri seperti biasa mengobrol sebelum tidur. Saya kasih tahu kalau dia punya daftar om ganteng, saya juga punya daftar tante cantik. Di dalamnya ada Jennifer Lopez, Monica Bellucci, Milla Jovovich, dan Marion Cotillard. Dia terdiam, lalu berkata "Sana nikah saja sama mereka!" lalu pasang selimut dan tidur menghadap tembok. La kok....(H-5)

Komentar