Polkam dan HAM

Dewan Pengarah Unit Pembinaan Pancasila Berasal dari Tiga Unsur

Kamis, 1 June 2017 16:53 WIB Penulis: Surya Perkasa

Menteri Sekretaris Negara Pratikno. MI/Susanto

PRESIDEN Joko Widodo membentuk unit kerja baru di pemerintahannya. Badan baru yang diberi nama Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) itu dibentuk pada peringatan Hari Lahir Pancasila hari ini.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut UKP PIP tersebut nanti akan terdiri atas dewan pengarah dan eksekutif. Dewan pengarah nantinya berasal dari tiga unsur.

"Seingat saya ada tiga unsur. Dari unsur negarawan, unsur agama, tokoh masyarakat," kata Pratikno seusai Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila, Jakarta, Kamis (1/6).

Setiap unsur itu nantinya akan diisi oleh tiga nama. Jadi, setidak-tidaknya ada sembilan nama dewan pengarah yang akan dilantik untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, pengamalan Pancasila di Indonesia.

Selain dewan pengarah, satu orang kepala UKP akan ditunjuk untuk membentuk dan menjalan program sesuai mandat yang diberikan.

"Nanti kepala eksekutif akan membentuk deputi-deputi, ada beberapa deputi," kata Pratikno.

Saat ini, lembaga tersebut masih belum terbentuk. Namun, dipastikan lembaga ini memiliki tugas berat karena harus mampu menjawab tantangan ke ideologi Pancasila yang semakin bertambah besar.

"Tantangan yang dihadapi bangsa ini berubah, dunia berubah, kemudian metode pendidikan pembelajaran berubah. Saya yakin juga banyak inovasi yang akan dikembangkan lembaga ini," beber dia.

Pratikno masih belum bisa menjawab siapa saja nama-nama yang ditunjuk presiden. Dia juga belum bisa menyampaikan lebih lanjut seperti apa program yang bakal disiapkan. (MTVN/OL-2)

Komentar