Sepak Bola

Tampil Gemilang, Timnas Futsal U-20 Lolos ke Perempat Final Piala AFC

Jum'at, 19 May 2017 21:45 WIB Penulis: Satria Sakti Utama

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

TIMNAS Futsal Indonesia sukses untuk kali pertama lolos dari fase grup pada kompetisi di level Asia. Tim U-20 yang saat ini berkiprah dalam ajang Piala AFC Futsal U-20 di Thailand memastikan lolos setelah berhasil menahan imbang juara tiga kali Asia Timnas Jepang dengan skor 3-3 di Hua Mark Indoor Stadium, Bangkok, Jumat (19/5).

Penampilan dan perjuangan Andriansyah Runtuboy dkk pada pertandingan itu memang luar biasa. Sempat tertinggal 1-3, Indonesia mampu menyamakan kedudukan tiga menit sebelum bubaran berkat dua gol Samuel Eko melalui skema power play di menit ke-37 dan 40.

Pemain bernomor punggung enam ini mengulangi aksi heroiknya di laga sebelumnya dengan mencetak gol penyeimbang di menit terakhir saat menahan imbang 1-1 Vietnam.

Tak pelak Samuel menjadi bintang bagi tim asuhan caretaker Yori Van der Torren karena ia pula yang membuka papan skor pada menit 9 sekaligus mencetak hattrick dalam laga tersebut. Sementara itu gol tim Samurai Biru--julukan Jepang--dihasilkan Yamada Jiei (13'), Okada Shokei (14') dan kapten tim Shimizu Kazuya (34').

Hasil tersebut membuat Timnas Futsal Indonesia U-20 ini tidak terkalahkan dalam empat laga penyisihan Grup B. Mereka meraih dua kemenangan dan dua hasil seri dengan raihan delapan poin dan untuk sementara memimpin pemuncak klasemen. Koleksi poin itu sudah cukup untuk mengamankan satu dari dua tiket menuju perempat final.

Babak selanjutnya lawan lebih berat akan menunggu dari Grup A pada Senin (22/5) pekan depan. Indonesia berpeluang besar bersua Irak atau tuan rumah Thailand yang merupakan langganan peserta Piala Dunia pada babak perempat final.

Di Grup A, Irak menjadi tim pertama yang lolos setelah tampil sempurna dalam empat laga. Sedangkan, The Elephants--julukan Thailand--harus menuntaskan perlawanan Timnas Afganistan untuk mengikuti jejak Irak di laga keempat hari ini. (the-afc.com/X-12)

Komentar