Megapolitan

Tiga Kurator Nakal Gelapkan Rp20 Miliar

Sabtu, 20 May 2017 03:16 WIB Penulis: (Nic/J-4)

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Polri Brigjen Agung Setya. ANTARA FOTO/Reno Esnir

BARESKRIM Polri menangkap tiga kurator 'nakal' di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Mereka diduga telah menggelapkan dana Rp20 miliar dari aset kepailitan milik perusahaan asuransi PT Bumi Asih Jiwa. Ketiga kurator ialah RBP, 57, LS, 48, serta GH, 49. Mereka merupakan kurator yang ditunjuk hakim pengawas di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat untuk menyelesaikan kewajiban PT BAJ yang telah dinyatakan pailit.

"Ada penugasan kepada kurator untuk menyelesaikan kewajiban perusahaan pailit kepada kreditur, tapi tidak dijalankan sebagaimana mestinya," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Polri Brigjen Agung Setya. PT BAJ memiliki total aset senilai Rp1,1 triliun, di antaranya dana investasi para pemegang polis asuransi unit link. "Hasil pencairan unit link, deposit, dan lain-lain itulah yang digelapkan para tersangka hingga senilai Rp20 miliar," ujarnya.

Dari penggeledehan di rumah para tersangka, ditemukan barang bukti berupa catatan 'dosa'. "Kita sedang dalami catatan itu karena melibatkan pihak lain," ujarnya.
Ketiga kurator dijerat dengan pasal tindak pidana penggelapan dan pencucian uang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Komentar