Sepak Bola

Liestiadi Legowo Bochi Diskors

Sabtu, 20 May 2017 00:30 WIB Penulis: (Sat/R-1)

Pesepakbola Boaz Solossa berusaha melewati pemain belakang Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 Gojek Traveloka 2017, di stadion Mandala Jayapura, Papua. ANTARA FOTO/Indrayadi

PROTES berlebihan kapten Persipura Jayapura Boaz Solossa kepada asisten wasit dua saat mengalahkan Bhayangkara FC 3-2, akhir pekan lalu, berbuntut panjang.
Bochi sapaan Boaz terpaksa menerima keputusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang melarangnya bermain dalam dua laga. "Pemain Persipura Jayapura, Saudara Boaz Solossa, dikenai sanksi berupa larangan bermain di Liga 1 sebanyak dua pertandingan karena melakukan protes berlebihan kepada asisten wasit 2," bunyi keputusan yang dirilis Komdis PSSI, Jumat (19/5).

Sanksi itu membuat Bochi bakal absen saat mengunjungi markas Persiba Balikpapan, 22 Mei mendatang, serta menjamu Barito Putera sepekan berselang. Pelatih Persipura Jayapura Liestiadi mengaku tanpa Boaz merupakan suatu kehilangan besar. Kepemimpinan penyerang 31 tahun itu sangat krusial bagi tim berjuluk 'Mutiara Hitam'. Selain seorang kapten, Boaz merupakan anutan skuat muda yang kini mewarnai tim. Lebih penting lagi, Bochi menjadi sosok pembunuh dengan catatan empat gol di enam laga terakhir.

"Tentu secata teknis kerugian besar bagi kami karena Boaz merupakan roh permainan kami. Namun, saya sih berpulang kepada keputusan komdis. Kalau itu keputusan untuk mendidik, ya, tidak apa, yang penting itu harus objektif," jelas mantan pelatih Persegres itu. Absennya Boaz membuat Liestiadi memaksimalkan Yohanes Pahabol dan Addison Alves. Alternatif lain yakni menempatkan Ian Louis Kabes lebih ke depan.

Di Banjarmasin, tuan rumah Barito Putera unggul 2-0 atas Persegres Gresik United, Jumat (19/5). Tampil di kandang sendiri, Stadion 17 Mei, Barito Putera unggul melalui gol marquee player Douglas Packer di menit ke-19 dan Gavin Kwan Adsit menit ke-36. Itu menjadi poin penuh pertama Barito setelah di tiga laga sebelumnya mereka tidak pernah menang.

Komentar