Nusantara

Polda Riau Tetapkan Dua Tersangka Pungli Rutan Sialang Bungkuk

Jum'at, 19 May 2017 17:31 WIB Penulis: Rudi Kurniawansyah

Ilustrasi--thinkstock

DIREKTORAT Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Riau resmi menetapkan dua tersangka kasus pungutan liar (Pungli) Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Jumat (19/5). Keduanya adalah
RR dan MK yang merupakan staf pengamanan Rutan Sialang Bungkuk.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Komisaris Besar (Kombes) Guntur Aryo Tejo didampingi Wakil Direktur Direskrimsus Polda Riau Ajun Komisaris Besar (AKB) Edi Fariadi di Kantor Direskrimsus Pekanbaru mengatakan dari hasil penyidikan diketahui ada yang menerima langsung dan ada melalui transfer bank. Jumlahnya jutaan rupiah. Itu pungli untuk perpindahan blok," ungkap Guntur.

Guntur menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah memeriksa sebanyak 22 saksi yang terdiri dari para pegawai rutan, sejumlah narapidana, dan keluarga dari narapidana. Adapun untuk penambahan jumlah tersangka lainnya, penyidik akan terus mendalami terutama terhadap siapa yang memberikan perintah, pihak terkait, dan menerima langsung hasil transferan uang dari bank.

"Kedua tersangka ini terancam hukuman pidana korupsi maksimal 20 tahun penjara," tukas Guntur. Saat ini kedua tersangka masih menjalani proses pemeriksaan di Kantor Direskrimsus Polda Riau. Kemungkinan keduanya akan ditahan usai menjalani pemeriksaan pada sore atau malam ini, Jumat (19/5).

"Penyidik masih mendalami keterangan keduanya untuk mencari kemungkinan pungli lainnya dan penambahan tersangka yang lain," ujar Edi Fariadi menambahkan.(OL-3)

Komentar