Nusantara

Api Lahap 21 Unit Rumah Panggung di Palembang

Jum'at, 19 May 2017 15:43 WIB Penulis: Dwi Apriyani

MI/Dwi Apriani

KEBAKARAN terjadi di Jalan Ki Merogan, Lorong Kejutan RT 32 RW 06 Kecamatan Kertapati, Palembang, pada Jumat (19/5) pukul 05.30 WIB. Akibatnya, sebanyak 21 unit rumah panggung yang terbuat dari kayu habis terbakar.

Api yang di duga berasal dari rumah salah satu warga, Muslim, menyambar ke sekitar rumah warga lainnya karena terbawa angin. Barulah sekitar 07.30 WIB, api berhasil dipadamkan setelah melalap 21 rumah di lokasi tersebut.

"Api berasal dari rumah Pak Muslim, informasi sementara karena percikan api arus pendek," tutur Ivano Dwi Cahya, Ketua RT 32 RW 06 Lorong Kejutan Kecamatan Kertapati, Palembang, Jumat (19/5).

Karena lorongnya sempit, kata dia, tim pemadam kebakaran pun sempat kesulitan memasuki lorong.

"Ada sembilan PBK (pemadam kebakaran) yang datang untuk membantu memadamkan api," jelasnya.

Ia menerangkan, tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini. Namun diakuinya, ada beberapa warga yang mengalami luka-luka karena terinjak paku dan luka bakar kecil. Hanya saja, kata dia, bantuan dari Pemkot Palembang melalui Dinsos Sumsel sudah berdatangan, termasuk posko pengungsian dan posko bantuan sudah di dirikan.

"Kita berharap bantuan terus berdatangan. Bila perlu korban juga di bangunkan rumah kembali," lanjutnya.

Koordinator Tagana Palembang Herman Sawiran menjelaskan bantuan masih dipersiapkan dalam bentuk makanan dan peralatan rumah tangga, baju sekolah, peralatan dapur dan mendata ulang balita yang membutuhkan perangkat khusus.

"Data awal, ada 24 KK yang menjadi korban dan akan disiapkan 24 paket bantuan gawat darurat," kata dia.

Pihaknya pun sudah menyiapkan dua posko, satu posko berukuran 4x6 meter untuk pengungsi dan satu posko bantuan. Satu posko, kata dia, bisa menampung hingga 15 KK atau 45 orang bisa masuk kedalam tenda.

Camat Kertapati, Dwi Yudiansyah membenarkan kejadian kebakaran tersebut, bermula sekitar pukul 05.30 WIB dan awal api belum tahu karena masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

"Kita langsung datangkan bantuan dari Walikota. Kita juga sudah menyiapkan posko sebagai tempat memberikan bantuan," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga langsung mendatangkan pelayanan Puskesmas untuk membersihkan luka ringan yang bertempat di rumah ketua RT yang berada tak jauh dari lokasi kebakaran.

Kapolsek Kertapati, AKP Deli Haris mengatakan, pihaknya sudah mendatangi TKP.

"Rumah yang diduga pertama kali menimbulkan api sudah dipasang police line. Untuk proses penyelidikan, kita koordinasi dengan Satreskrim Polresta Palembang dan tim Labfor Polda Sumsel," tandasnya. (OL-6)

Komentar