Nusantara

KPU Sampang akan Upayakan Pengungsi Syiah Bisa Ikut Pilkada

Jum'at, 19 May 2017 14:25 WIB Penulis: Mohammad Ghazi

Dok. MI

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Sampang, Jawa Timur, menyatakan akan mengupayakan agar kelompok pengikut Syiah Sampang yang kini mengungsi di Sidoarjo bisa menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan datang.

Ketua KPU setempat, Syamsul Muarif, mengatakan masih akan berkoordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang tentang status kependudukan korban konflik beberapa tahun lalu itu.

"Kami masih akan melihat apakah mereka masih tercatat sebagai penduduk Sampang atau sudah tercatat sebagai penduduk di daerah tempat mereka mengungsi saat ini," kata Syamsul Maarif, Jumat (19/5).

Jika mereka masih tercatat sebagai penduduk Kabupaten Sampang yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), jelas dia, maka KPU wajib menfasilitasi mereka dalam menyalurkan hak suaranya.

Kendati demikian, KPU belum berencana menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) ditempat pengungsian warga Syiah di Sidoarjo. Sebab, saat ini dalam proses pendataan dan pemutakhiran daftar pemilih tetap.

Jumlah pengikut Syiah Sampang yang saat ini berada di rumah susun Jemundo, Sidoarjo, sebanyak 81 kepala keluarga atau 335 jiwa. Sebanyak 211 orang di antaranya memiliki hak suara dalam pemilu. (OL-5)

Komentar