Humaniora

Presiden Minta Daerah Adopsi Konsep KRB

Jum'at, 19 May 2017 02:31 WIB Penulis: DD/H-2

MI/Dede Susianti

PRESIDEN Joko Widodo meminta seluruh kepala daerah di Indonesia untuk mereflikasi Kebun Raya Bogor (KRB) di daerah masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki pada puncak peringatan 2 Abad KRB yang digelar di lapangan utama zona atau Jalan Astrid, KRB, kemarin.

"Kebun raya tidak hanya sebagai tempat konservasi, riset, dan pengembangan tumbuhan tanaman endemik, tapi juga menjadi tempat rekreasi dan pendidikan. Karena itu, Bapak Presiden berharap Kebun Raya Bogor menjadi penggerak untuk mereflikasikan kebun raya di daerah," kata Teten.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh nasional, antara lain Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri serta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Teten mengatakan Presiden memberikan apresiasi kepada pengelola KRB yang telah mengembangkan kebun raya itu sebagai pusat konservasi.

KRB memiliki sejarah panjang dan penting bagi konservasi tumbuhan dan pemanfaatannya. Bahkan di lokasi ini pula awal mula tumbuhan berkembang luar biasa dan berbagai uji coba tanaman dilakukan.

Oleh karena itu, ujarnya, KRB harus terus tumbuh menjadi pusat konservasi tanaman endemik Indonesia.

"Kita kaya raya dengan jenis tanaman langka. Oleh karena itu, menjadi tugas bersama agar KRB menjadi gudang tumbuhan endemik, langka, dan komersial tinggi," tuturnya.

Teten juga mengatakan Presiden memberikan apresiasi kepada Megawati dan menyatakan Ketua Umum PDIP itu tepat jadi penggerak tanaman.

Presiden, ujarnya, berharap agar KRB bisa seperti kebun raya tertua di Italia yang telah berumur 500 tahun.

"Tantangan bagi kita untuk mempertahankan KRB dan bisa seperti di sana," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyatakan KRB merupakan simbol keberagaman sebab kebun raya itu memiliki ribuan spesies tanaman.

Menurut Bima, 2 abad KRB juga sebagai momentum untuk mengingatkan semua pihak agar tetap menjaga ruang terbuka hijau yang dimiliki.

Komentar