Internasional

Ke Indonesia, Raja dan Ratu Swedia akan Kunjungi Tiga Kota

Kamis, 18 May 2017 18:55 WIB Penulis: Irene Harty

AFP

RAJA dan Ratu Swedia, King Carl XVI Gustaf dan Queen Silvia dipastikan akan melakukan kunjungan negara pertamanya ke Indonesia pada 22-24 Mei 2017.

"Mereka akan mengunjungi tiga kota besar yakni Jakarta, Bogor, dan Bandung. Mereka datang bersama perwakilan pemerintah yakni dua menteri termasuk Menteri Infrastruktur Swedia, Anna Johansson," tutur Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Johanna Brismar Skoog di kediamannya Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (18/5).

Delegasi bisnis dari 31 perusahaan yang memiliki omset tahunan US$330 miliar juga ikut serta. Kedatangan mereka ditujukan untuk meningkatkan dan memperdalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Swedia. Selain itu, kunjungan raja juga akan mempererat hubungan politik dan antarbudaya.

Johanna mengatakan tiga poin penting yang dilakukan dalam rangkaian kunjungan. Pertama, memperdalam kolaborasi dan kerja sama di politik, ekonomi, sosial, dan budaya terutama meningkatkan pengetahuan antarnegara.

Kedua, meningkatkan investasi dan perdagangan dengan berbagi produk, ide, dan solusi di sektor infrastruktur, transportasi, industri kreatif, dan industri berkelanjutan. "Kami tertarik dengan energi terbarukan, energi untuk daerah terpencil, dan efisiensi energi," tambah Johanna.

Sebagai hal baru, delegasi bisnis juga tertarik dengan sistem kesehatan yang diterapkan di Indonesia. Selebihnya, mereka akan mengembangkan bisnis yang memiliki rantai nilai global.

Ketiga, mengembangkan inovasi, penelitian, kewirausahawan yang berkelanjutan bersama dengan pemerintah, universitas, dan perusahaan.

Meski Swedia hanya berpenduduk sekitar 10 juta jiwa, Indonesia memiliki kesempatan untuk meningkatkan produk kopi dan coklat karena jumlah konsumsinya besar di sana. Tercatat sekitar 80 perusahaan Swedia telah ada di Indonesia dan mempekerjakan sekitar 20 ribu jiwa. Jumlah itu akan meningkat seiring dengan investasi dengan harapan hingga 200 ribu jiwa. (X-12)

Komentar