Sepak Bola

Perebutan Tiket Eropa hingga Laga Terakhir

Kamis, 18 May 2017 02:30 WIB Penulis: Satria Sakti Utama

(AP Photo/Matt Dunham)

ARSENAL memaksa penentuan posisi empat besar Liga Primer Inggris harus dilakukan hingga pertandingan terakhir atau pada pekan ke-38. Seperti diketahui, posisi empat besar di Liga Inggris erat kaitannya dengan penentuan jatah Liga Champions Eropa musim depan. Dua tiket sudah pasti menjadi milik Chelsea dan Tottenham Hotspur, sedangkan dua sisanya diperebutkan tiga tim yakni Manchester City, Liverpool, dan Arsenal. The Gunners--julukan Arsenal--memecundangi sang tamu Sunderland dengan skor 2-0 di Emirates Stadium, kemarin dini hari.

Hasil sempurna itu memperketat persaingan dengan Liverpool yang kini menghuni posisi keempat Liga Primer. Keduanya kini hanya berbeda satu poin. Realitas tersebut membuat Arsenal harus meraih poin sempurna sekaligus berharap Liverpool tergelincir di pertandingan terakhir. Itu menjadi harapan skuat 'Gudang Peluru' jika ingin melanjutkan rekor 20 kali tampil di Liga Champions Eropa secara beruntun. "Kami meraih 71 poin dan me-nempati posisi kedua (musim lalu). Kami sekarang memiliki 72 poin dan ingin hasil maksimal setelah Anda dapat mengatasi semua yang akan terjadi," ujar pelatih Arsenal Arsene Wenger.

Sunderland yang bertamu ke Emirates dengan status tim yang terdegradasi memberikan perlawanan sengit bagi Arsenal. Rival sekota Tottenham Hostpur itu harus menunggu hingga menit ke-72 untuk menjebol gawang Jordan Pickford berkat torehan Alexis Sanchez. Penyerang Cile itu menggandakan keunggulan 9 menit kemudian untuk menutup kemenangan menjadi 2-0. "Kami telah mencicipi laga penentuan di hari terakhir dalam begitu banyak kesempatan. Sunderland memberikan perlawanan dan Anda menginginkan itu di Liga Primer, yang Anda inginkan di setiap pertandingan," imbuh Wenger.

Meskipun Wenger telah mengantarkan Arsenal kembali masuk persaingan Liga Champions, hal itu belumlah cukup untuk mengamankan masa depannya. Gooners--pendukung Arsenal--kian gencar menuntut pemecatan pelatih yang telah memimpin tim London utara itu lebih dari dua dekade. "Saat ini biarkan saya fokus. Kami punya pertandingan besar di akhir pekan ini dan kemudian final Piala FA. Mari lewati momen tersebut terlebih dahulu," tutup Wenger. Di final Piala FA, Arsenal bakal bertemu Chelsea. Laga dilangsungkan di Stadion Wembley, London, 27 Mei mendatang.

City terdepan
Klub Liga Inggris lain, Manchester City, menjadi yang terdepan untuk meraih satu dari dua tiket Liga Champions Eropa musim depan. Pasalnya, the Citizens--julukan City--hanya memerlukan 1 poin kala berkunjung ke markas Watford, Minggu (21/5), untuk mengamankan satu jatah. Namun, jika skuat asuhan Josep Guardiola itu ingin memprioritaskan tiket langsung untuk putaran final, kemenangan di laga terakhir menjadi jawabannya.

City kini mengoleksi 75 poin, unggul 2 poin atas Liverpool dan berjarak 3 poin atas Arsenal. Itu setelah Manchester City menundukkan perlawanan West Bromwich Albion 3-1 di Etihad Stadium, kemarin dini hari. Gabriel Jesus (27'), Kevin De Bruyne (29'), dan Yaya Toure (57') membawa City unggul tiga gol. The Baggies--julukan West Brom-- mencetak gol hiburan dari kaki Hal Robson-Kanu pada menit ke-87. "Peringkat ketiga di tangan kami. Kami akan ke Watford untuk memenangi pertandingan," ujar Guardiola yang harus merasakan musim tanpa gelar. (AFP/Goal/R-1)

Komentar