Sepak Bola

Tiga Klub Liga 1 Terlilit Dosa Lama

Kamis, 18 May 2017 02:18 WIB Penulis: (Sat/R-1)

MI/ROMMY PUJIANTO

PERSIJA Jakarta, Barito Putera, dan Persegres Gresik United ternyata masih memendam dosa lama berupa tunggakan gaji pemain. Hal itu berdasarkan terkuaknya surat Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) per 12 Mei lalu yang mengingatkan PSSI untuk mendorong klub-klub tersebut menuntaskan kewajiban. Dispute Resolution Chamber (DRC) FIFA sebelumnya telah mengambil keputusan atas sengketa sejumlah pemain asing dengan klub sejak 2015 silam.

Sebut saja penyerang Jepang Shohei Matsunaga yang masih bermasalah dengan Persegres Gresik, kemudian Barito Putera yang masih berutang kepada gelandang Montenegro Igor Rasudinovic, serta klub Ibu Kota Persija Jakarta yang belum melunasi kewajiban atas Evgeny Kabaev. 'Macan Kemayoran' julukan Persija harus membayar Rp240 juta plus kompensasi penghentian kontrak sepihak Rp399 juta. Itu belum termasuk bunga 5% per tahun yang jatuh tempo setiap awal Agustus.

Jika keputusan diambil 2015, Persija harus bayar Rp670 juta. Barito Putera juga punya tunggakan. Akibat sengketa dengan Rasudinovic, tim berjuluk 'Laskar Antasari' itu memiliki tanggungan sebesar Rp522 juta. Penyerang Persib Shohei Matsunaga belum terbayar hasil keringatnya oleh Persegres Gresik sebesar Rp291 juta. Asisten Manajer Barito Putera Syarifuddin Ardasa saat dimintai konfimasi perihal masalah itu pun mengaku tidak dapat menjelaskan detail.

"Itu kewenangan dari pos legal kami, saya tidak dalam posisi menjelaskannya," ujar Syarifuddin, Rabu (17/5). Sekretaris Jenderal (Sekjen) APPI Valentino Simanjuntak meminta PSSI untuk segera memberikan tindakan kepada klub-klub bersangkutan mengingat dampaknya juga akan dirasakan pihak federasi sendiri. "Semua sudah dijelaskan dalam putusan DRC itu, tinggal bagaimana PSSI itu meminta klub yang bersangkutan untuk menyelesaikannya. Karena, kalau tidak, nanti PSSI yang justru dipotong subsidi-nya oleh FIFA," ujar Valentino.

Komentar