Otomotif

Kemewahan dan Performa tanpa Batas

Kamis, 18 May 2017 01:00 WIB Penulis: (Beo/S-4)

OK. PT MERCEDES BENZ DISTRIBUTION INDONESIA

SEBANYAK enam mobil Mercedes-Benz dijejerkan di garis start Sirkuit Sepang Malaysia, pekan lalu. Mereka terdiri dari E43, SLC 43, C43, C43 Coupe, GLC43, dan GLC 43 Coupe. Jajaran baru seri AMG tersebut kini sudah resmi dipasarkan di Indonesia oleh PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBI). Media Indonesia berkesempatan mengendarai enam mobil itu melalui sesi test drive di ajang Mercedes-Benz Driving Experience yang bertepatan dengan perayaan 50 tahun Mercedes-AMG.

Gambaran yang disampaikan Deputy Director Marketing Communication MBI Hari Arifianto mengenai kemewahan dan performa mobil sungguh nyata terlihat dan terasa.
Awal mula menginjak pedal meski transmisi masih di posisi netral, suara mesin yang keluar dari knalpot sudah menunjukkan kelasnya. Dapur pacu enam mobil tersebut yang berasal dari mesin V6 biturbo 3,0 liter memiliki tenaga luar biasa. Benar saja, 0-100 km/jam mampu ditempuh mobil dalam waktu 4,7 detik ketika menggunakan C43 Coupe.

Varian 43 lain ada yang cukup membutuhkan 4,6 detik-4,9 detik. Mesin V6 rupanya disandingkan dengan 9G-Tronic memungkinkan beberapa downshift saat berkendara cepat serta fitur double-declutching yang dapat dipilih melalui mode Sport dan Sport Plus. Kecepatan mobil secara singkat mampu mencapai 2.000 rpm pada mode Sport Plus karena idle speed juga dinaikkan. Semua jajaran AMG 43 juga sangat mudah dikendalikan di Sirkuit Sepang yang memiliki beberapa tikungan tajam.

"Dengan rasio konstan dan sangat responsif, kemudi sport AMG yang sensitif terhadap kecepatan memberikan pengendalian mobil yang tangkas saat membelok," terang Hari.
Komponen suspensi dapat diatur dengan tiga mode, yaitu Comfort, Sport, Sport Plus. Selain itu, karena ada all-wheel drive AMG Performance 4Matic, pengemudi merasakan akselerasi lateral yang lebih tinggi dan traksi yang meningkat saat mobil berakselerasi. "Ada efek yang dapat terlihat langsung, yakni kinerja saat menikung meningkat dan kendaraan terasa seperti mengemudi di atas rel. Sistem itu tidak tersedia di SLC 43," imbuh Hari.

Uji coba keseluruhan model 43 disertai pula tantangan menjadi penumpang (taxi ride). Ketika itu, setir dan pedal SLC 43 dikendalikan seorang instruktur Mercedes bernama Garth Rainsbury yang merupakan mantan pembalap GT. Rainsburry tanpa ragu mengeluarkan semua tenaga mobil tanpa atap itu untuk melintasi keseluruhan lintasan Sirkuit Sepang hanya dalam kurun waktu sekitar 3 menit. Sensasi menikmati balapan di Sirkuit Sepang sangat nyaman karena interior yang mendukung.

Decak kagum tidak berhenti bahkan setelah melihat tampang sporty semua varian 43. Apalagi C43 Coupe yang mendapat sentuhan warna merah sehingga memberikan rasa semangat di beberapa komponen, seperti jok, setir, dan sabuk pengaman. "Seri Mercedes-AMG 43 merupakan produk para perajin, perancang, dan insinyur terampil yang hidup untuk menguji batasan driving performance. Dari coupe dan sedan sampai dengan SUV dan roadster, tingkat tenaga dan kendali semua kendaraan menjanjikan performa mobil sport yang autentik," kata Presiden & CEO MBI Roelof Lamberts.

Sesuai dengan keinginan
Test drive hingga taxi ride yang telah dijajal tersebut merupakan cara MBI untuk menjelaskan seperti kekuatan mobil Mercedes tipe AMG sesungguhnya.
Karena itu, direncanakan bakal ada test drive di Sirkuit Sepang untuk konsumen Indonesia yang ingin merasakan setiap seri terbaru AMG yang hadir di Tanah Air.
Hari menambahkan sudah bertahun-tahun Mercedes di Malaysia memberikan kesempatan untuk menguji secara langsung performa mobil besutan AMG di Sirkuit Sepang.

"Soalnya tarikan, kerja suspensi, dan lainnya seperti mobil formula bakal benar-benar bisa dirasakan secara langsung ketika mencicipi di sirkuit," kata Hari. Untuk di Indonesia, MBI bakal menghadirkan AMG Center untuk mengakomodasi keinginan para pecinta seri AMG. Melalui AMG Center, mulai eksterior hingga interior bisa dikonsultasikan dengan pakar produk yang dimiliki MBI. "Pokoknya, luar dalam mau apa semua bisa. Ini produk yang kemewahan dan performanya tanpa batas kok," sambung Hari.

Seluruh varian mobil dengan kode model 43 itu rupanya tergolong produk entry level yang dimaksudkan untuk mereka yang ingin merasakan gaharnya AMG. Karena entry level, harganya pun, menurut Hari, sangat terjangkau. E43 dibanderol dengan harga Rp1,84 miliar. SLC43 dilepas Rp1,58 miliar. Harga C43 dan C43 Coupe masing-masing Rp1,34 miliar dan Rp1,44 miliar. GLC43 dan GLC 43 Coupe dijual Rp1,42 miliar dan Rp1,52 miliar. Semua merupakan harga off-the-road. (Beo/S-4)

Komentar