Kesehatan

Bedah Bariatrik Atasi Obesitas

Rabu, 17 May 2017 04:33 WIB Penulis: (Nik/H-2)

Thinkstock

BEDAH bariatrik merupakan teknik operasi pengecilan lambung yang bertujuan untuk menurunkan berat badan guna mengatasi obesitas. Di negara maju, bedah bariatrik sudah umum dilaksanakan karena terbukti efektif menurunkan berat badan yang dapat bertahan dalam jangka panjang. ”Saat ini operasi bariatrik dipandang sebagai terapi yang paling efektif mengatasi obesitas dengan efek bonus tambahan mengontrol penyakit diabetes. Namun, metode ini belum populer di Indonesia dan belum banyak diketahui oleh pasien penyandang obesitas,” ujar dokter spesialis bedah dari Rumah Sakit Omni Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten, Handy Wing, dalam diskusi media di RS tersebut beberapa waktu lalu.

Metode bedah bariatrik dilakukan dengan teknik laparoskopi, yaitu operasi dilakukan melalui sayatan kecil berukuran 1 cm sebanyak 3-4 buah di area perut. Keuntungannya, rasa nyeri sangat berkurang dan bekas luka sayatan sangat kecil sehingga secara kosmetik bekas operasi hampir tidak terlihat.
Kriteria pasien untuk melakukan operasi bariatrik, yakni memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 35. IMT lebih dari 35 mengindikasikan kelebihan 45 kg di atas berat badan ideal untuk pria atau kelebihan 36 kg di atas berat badan ideal untuk perempuan. (Nik/H-2)

Komentar