Olahraga

Roland Garros tanpa Legenda

Rabu, 17 May 2017 01:17 WIB Penulis: (AFP/AP/Mln/R-2)

AFP PHOTO / Miguel MEDINA

KABAR tidak menyenangkan diterima para penggemar tenis, khususnya di Prancis. Penyebabnya, salah satu petenis terbaik dunia saat ini, Roger Federer, absen pada turnamen grand slam Prancis Terbuka di Roland Garros yang akan berlangsung pada akhir bulan ini. Pemegang 18 gelar grand slam itu terpaksa mundur karena ingin menyiapkan diri dalam menghadapi turnamen di lapangan rumput dan lapangan keras musim ini.

“Saya sudah bekerja keras di dua jenis lapangan itu. Jadi, saya pikir lebih baik menghindari lapangan tanah liat musim ini,” kata petenis peringkat kelima dunia asal Swiss itu. Sepanjang karier, Federer memang baru sekali merasakan manisnya Roland Garros pada 2009. Pada tahun lalu, ia juga absen di turnamen tersebut lantaran mengalami cedera lutut dan punggung.

Kontras dengan Federer, mantan petenis nomor satu dunia putri asal Rusia, Maria Sharapova, masih harap-harap cemas menanti kepastian dirinya mendapat wild card untuk tampil di Roland Garros. Saat ini panitia Prancis Terbuka masih mempertimbangkan pemberian wild card tersebut. “Ada yang bilang dia (Sharapova) layak mendapatkannya, ada yang bilang dia tidak pantas. Demikian juga saat Anda berbicara dengan para petenis, itu menjadi sangat kontroversial. Jadi, tidak masalah apa yang terjadi, akan ada banyak pertanyaan seputar wild card itu,” tegas Direktur Turnamen Guy Forget dikutip BBC.

Terlepas dari kontroversi itu, Sharapova masih menikmati comeback-nya ke lapang­an dengan memenangi laga pembuka di turnamen Roma Masters, kemarin. Pemegang lima gelar grand slam itu sukses melaju ke babak kedua setelah mengalahkan petenis Amerika Serikat, Christina McHale 6-4, 6-2. Sharapova dilarang bertan­ding selama 15 bulan setelah ia terbukti positif menggunakan doping. (AFP/AP/Mln/R-2)

Komentar