Olahraga

Celtics Tantang Cavaliers di Final Wilayah Timur

Rabu, 17 May 2017 01:00 WIB Penulis: Budi Ernanto budi_ernanto@mediaindonesia.com

AFP/ Elsa

KEUNTUNGAN bermain di kandang kembali dimanfaatkan Boston Celtics untuk merebut kemenangan krusial. Saat menjamu Washington Wizards di TD Garden dalam gim ketujuh semifinal Wilayah Timur kompetisi NBA kemarin, Celtics meraih kemenangan 115-105. Kemenangan itu membuat Celtics menang 4-3. Tiga kemenangan sebelumnya juga diraih Celtics saat menjadi tuan rumah.

Di final Wilayah Timur, Celtics akan menantang Cleveland Cavaliers yang sudah lebih dulu lolos setelah menundukkan Toronto Raptors 4-0. Gim pertama Celtics versus Cavaliers akan berlangsung di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, besok. Isaiah Thomas menjadi penyumbang angka terbanyak bagi Celtics dengan raihan 29 poin. Namun, bintang Celtics di gim penentu kali ini ialah pemain ­cadangan Kelly Olynyk.

Forward asal Kanada tersebut tampil impresif. Olynyk yang hanya memiliki rekor 8,3 poin per gim di babak play off tampil luar biasa dengan mengemas 26 poin dan membawa Celtics lolos ke final Wilayah Timur untuk pertama kali sejak 2012. “Rekan-rekan meminta saya untuk menampilkan permainan terbaik saat dibutuhkan. Semua pemain telah menunjukkan usaha yang terbaik di pertandingan ini bagi tim,” ujarnya.

Penampilan Olynyk mendapat pujian dari Thomas. “Ia menjadi MVP di laga ini. Ia telah melakukan segalanya,” jelas Thomas. Tentang laga melawan Cavaliers, pelatih Celtics Brad Stevens mengatakan tim asuhannya akan menghadapi tantangan berat. Permainan Cavaliers, menurut Stevens, terus meningkat di babak play off. “Penampilan mereka tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu. Kami telah empat kali bertemu dengan mereka musim ini. Dan penampilan mereka jauh meningkat saat ini,” jelas Stevens. Di sisi lain, kegagalan menembus final Wilayah Timur disesali Wizards. “Saya benci mengalami kekalahan terutama saat kami lebih baik dari lawan, Namun Celtics harus diberi kredit dengan penampilan mereka,” ungkap Bradley Beal yang menyumbang 38 poin bagi Wizards.

Leonard absen
Di final Wilayah Barat, San Antonio Spurs dipastikan tidak akan diperkuat andalan mereka, Kawhi Leonard, di gim kedua melawan Golden State Warriors. Leonard harus menepi akibat cedera yang dialami saat tampil di gim pertama. Leonard mengalami cedera setelah dijegal pemain Warriors Zaza Pachulia saat akan melakukan lemparan. Akibatnya, Leonard mengalami cedera pergelangan kaki dan butuh waktu untuk memulihkan kondisi.

Pachulia mengatakan dirinya sama sekali tidak berniat mencede-rai Leonard. Ia menegaskan hanya berusaha menahan lemparan Leo-nard. “Saya benci jika ada pemain yang cedera. Saya juga seorang atlet dan tahu bagaimana rasanya jika mengalami cedera,” ujarnya. Namun, pelatih Spurs Gregg Popo-vich menilai Pachulia memang sengaja mencederai Leonard. Ia menyebut pemain asal Georgia itu memiliki track record buruk dalam hal pelanggaran di lapangan. Absennya Leonard menjadi kerugian besar Spurs yang sementara tertinggal 0-1. Tanpa Leonard, Spurs dipastikan harus berjuang keras untuk bisa mencuri kemenangan Quicken Loans Arena yang merupakan kandang Warriors. (AFP/R-2)

Komentar