Sela

Ekstrak Tomat Mencegah Kanker Perut

Selasa, 16 May 2017 19:36 WIB Penulis: Haufan Hasyim Salengke/Medical News today

ANTARA FOTO/Rahmad/

SEJUMLAH penelitian menunjukkan bahwa tomat memiliki sifat antikanker. Sebuah studi baru memberikan bukti lebih lanjut tentang hal ini, setelah menemukan bahwa keseluruhan ekstrak tomat memiliki potensi untuk mengobati dan bahkan mencegah kanker perut.

Periset dari Amerika Serikat dan Italia menemukan keseluruhan ekstrak dari dua varietas tomat- San Marzano dan Corbarino- menghambat pertumbuhan sel kanker perut dan mengurangi karakteristik ganas mereka.

Prof Antonio Giordano, Direktur Sbarro Institute for Molecular Medicine di Temple University, AS, dan rekan baru-baru ini melaporkan temuan mereka di Journal of Cellular Physiology.

Untuk mencapai temuan mereka, para peneliti menguji efek ekstrak keseluruhan dari tomat San Marzano dan Corbarino pada sel kanker perut.

Mereka menemukan setiap ekstrak tidak hanya menghentikan pertumbuhan sel kanker lambung, namun juga menghalangi migrasi sel dan membuat sel kanker mati. (OL-4)

Menurut tim peneliti, temuan mereka menunjukkan bahwa ekstrak tomat secara keseluruhan berguna untuk pencegahan dan pengobatan kanker perut.

Komentar