Teknopolis

Bigo Live Luncurkan Fitur Baru Video Ringkas

Sabtu, 13 May 2017 01:34 WIB Penulis:

Ilustrasi

APLIKASI live streaming berbasis Android, Bigo Live, semakin aktif melakukan penetrasi pasar di Indonesia. Sejak diluncurkan Maret 2016 di Thailand, perusahaan ini berkembang sangat pesat dan menempati peringkat teratas di regional Pasifik, seperti Thailand, Vietnam, Indonesia, Singapura, China, Taiwan, Malaysia, Filipina, Laos, dan Kamboja.

Popularitasnya yang tinggi juga didapatkan di Amerika Utara dan Selatan, Eropa, dan bahkan Timur Tengah. Hanya dalam waktu setahun, Bigo Live sudah menggaet 100 juta pengguna di seluruh dunia. Begitu pula di Indonesia, aplikasi ini tumbuh subur.

Bekerja sama dengan Pemerintah RI, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informasi, Bigo Live berkomitmen untuk menjaga kontennya agar sesuai dengan peraturan dan ketentuan setempat.

Bigo Live memberikan aturan yang sangat ketat kepada para pengguna agar tidak disalahgunakan. Dalam 7 hari seminggu dan 24 jam sehari, Bigo Live menempatkan ratusan pegawai dengan dibantu mesin-mesin penyaring, bekerja untuk memberikan layanan maksimal dan tayangan sehat.

Country Manager Bigo Live, Kelly Zhanglijing, menyatakan, pihaknya tidak menoleransi adanya penyalahgunaan streaming untuk membocorkan rahasia negara, jual beli narkoba, konten yang berbau suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menyebarluaskan kekerasan.

"Demikian pula kandungan yang berbau seksual, dan memamerkan bagian tubuh. Namun tentu saja memperlihatkan dada telanjang dari seorang petinju adalah hal lain yang diperbolehkan," ujar Kelly dalam keterangannya yang dirilis di Jakarta, Jumat (12/5).

Ia menambahkan, pihaknya juga melarang tayangan berbentuk perjudian. Begitu pengguna melanggar aturan yang dibuat, manajemen Bigo Live akan langsung menghentikan pengguna tersebut seketika, untuk pelanggaran kelas A.

"Sedangkan apabila melanggar ketentuan yang digolongkan sebagai kelas B, akun akan dihentikan sampai dengan 7 hari," imbuhnya.

Menurut Kelly, ada ribuan contoh penggunaan Bigo Live yang sehat dan mampu mendatangkan penghasilan yang lebih dari lumayan bagi para penggunanya. Artis-artis terkenal Asia misalnya, menggunakan Bigo Live untuk berkomunikasi dengan para penggemarnya.

Pelatih kebugaran juga memanfaatkan aplikasi streaming ini untuk memberikan gerakan-gerakan baru kepada kliennya di rumah, guru-guru mengajar muridnya di tempat berlainan, dan masih banyak lagi.

Untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya yang kian banyak, mulai Rabu (15/5), Bigo Live akan meluncurkan salah satu produk andalannya yang diberi nama 'short video'.

"Fitur ini berpotensi untuk mendapatkan penggemar di Indonesia karena sangat menarik. Pengguna bisa menggunakan fitur ini untuk merekam peristiwa yang berkesan hanya dengan menekan ikon tertentu. Sangat mudah. Short video bisa merekam sampai 58 detik, waktu yang dirasa cukup untuk mengabadikan momen-momen yang luar biasa," lanjut Kelly.

Setiap dua pekan, kata dia, pihaknya berupaya mengembangkan fitur baru, dengan teknologi terdepan di industri IT. Sehingga di masa depan akan banyak fitur yang diluncurkan dan akan menopang sasaran Bigo Live yakni memberikan para pengguna kegembiraan yang lebih banyak, dan terhubung dengan sesama pengguna dengan lebih mudah.

Short video hanya satu di antara puluhan fitur yang akan dimunculkan di masa yang akan datang.
Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial sehingga pasar ini akan sangat serius digarap.

"Populasi Indonesia sangat besar, dan mereka membutuhkan penyaluran untuk bakat-bakat terpendam mereka dan juga untuk mencari teman, sehingga live streaming dari Bigo Live akan menjadi jawaban dari itu semua," pungkas Kelly. (RO/OL-2)

Komentar