Gaya Urban

Tersebar di Ratusan Negara

Ahad, 14 May 2017 06:07 WIB Penulis: (AT/M-3)

MI/ARDI TERISTI

GERAKAN Yoga Ketawa (Laughter Yoga) pertama kali diciptakan dokter asal Mumbai, India, bernama Madan Kataria. Awalnya, pria yang lahir pada 31 Desember 1955 tersebut membuat Klub Tertawa pada 13 Maret 1995 yang beranggotakan hanya lima orang. Konsep Yoga Ketawa sangat unik, yaitu setiap orang dapat tertawa tanpa alasan. Yoga Ketawa mengombinasikan latihan tertawa dengan pernafasan yoga (Pranayama).

Dari laman, http://laughteryoga.org, Yoga Ketawa dapat menurunkan tekanan darah hingga 6% dan tingkat stres hingga 28%. Di Indonesia, Emmy Liana Dewi menjadi orang pertama yang mengantongi sertifikat guru yoga ketawa, sejak Juni 2010. Untuk memperoleh sertifikat tersebut, Emmy belajar langsung kepada Madan Kataria di Bangalore, India. “Saya ikut training dan menjadi certified master yoga teacher pertama di Indonesia. Dan sudah diangkat sebagai ambasador Yoga Ketawa,” kata Emmy.

Emmy mengaku, tidak tahu persis jumlah klub yoga ketawa yang ada di Indonesia. Namun, kata dia, paling tidak sudah ada lebih dari 12 ribu orang di Indonesia yang telah mengikuti latihan yoga ketawa bersamanya. “Sampai saat ini sudah ada 65 certified master laughter yoga leader yang telah mengikuti training yang diadakannya,” kata dia.
Sertifikat master yoga laughter yang dikeluarkannya ditandatangani langsung oleh Madan Kataria. Persebaran Yoga Ketawa pun kian luas di seluruh dunia. Emmy menyebut, Yoga Ketawa sudah menyebar di 106 negara. (AT/M-3)

Komentar