Kuliner

Senyum Masakan Autentik Indonesia

Ahad, 14 May 2017 00:05 WIB Penulis: RIZKY NOOR ALAM rizkynoor@mediaindonesia.com

NASI PEKALONGAN. MI/ GALIH PRADIPTA

BAGI penggemar masakan Indonesia, tentunya tidak asing dengan cita rasa bumbu dan rempah yang kuat. Beragam makanan autentik Nusantara siap dinikmati saat Anda berkunjung ke Restoran Senyum yang terletak di pusat kota Jakarta. Pemilik sekaligus kurator dari restoran tersebut Kimberly Ananto menjelaskan para chef yang memasak beragam makanan khas di restoran itu adalah warga lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kami terbangkan masakan setiap minggu. Ada yang sudah dimasak, ada yang hanya bahannya saja sehingga tinggal kami racik di sini. Oleh karena itu, berbagai masakan di Senyum mungkin bagi sebagian orang terlalu strong, tapi itulah cita rasa aslinya,” jelas perempuan yang akrab disapa Kim tersebut kepada Media Indonesia saat acara pembukaan Restoran Senyum di Jakarta, Jumat (5/5).

Kim yang sudah berkeliling ke 34 provinsi di Indonesia selama tiga tahun itu menjelaskan banyak sekali makanan yang enak di setiap daerah. “Selama saya berkeliling Indonesia, saya menemukan bahwa banyak sekali makanan yang tidak terkenal padahal rasanya sangat enak. Lewat restoran ini, saya ingin pengunjung lebih mencintai Indonesia lewat
makanan,” imbuh Kim.

Ada dua kategori menu yang bisa dipilih, Indonesian Comfort Food dan Undiscovered Indonesian Food. Sebagai hidangan pembuka, M edia Indonesia disuguhi tiga hidangan dari tiga daerah berbeda. Asinan Betawi dari Jakarta, pempek dari Palembang, dan ketan bumbu dari Cirebon. Rasa dari asinan Betawinya sangat kuat dan khas. Sayuran sawi, tauge, wortel, kol, kacang yang sudah disangrai dan tahu disiram dengan bumbu kacang, sambal, dan cuka yang tercampur sempurna. Tidak lupa kerupuk kuning dan emping yang sudah diremuk menambah nikmat rasa asinan itu.

Bila ingin rasa manis dan gurih, coba ketan bumbu. Ketan yang lembut dipadukan dengan berbagai jenis bumbu yang dicampur dengan ebi (udang kering). Pempek dibuat dari ikan putak. Pempek yang dihasilkan memiliki tekstur yang lembut tetapi kenyal dengan rasa ikan yang kuat. Semakin lengkap dengan kuah pempek (cuko) dengan rasa asam dan pedas yang kuat dan warna yang pekat. Tentunya tidak lupa potongan timun untuk meredam rasa pedas.

“Orang Jakarta tahunya pempek dibuat dari ikan tenggiri, padahal bukan. Orang Palembang membuat pempek dari ikan belida. Tapi berhubung ikan itu sudah jarang ditemui, kami pakai daging anak belida yaitu ikan putak,” jelas Kim.

\Nasi
Setelah hidangan pembuka, waktunya mencicipi makanan utama. Anda bisa memilih sejumlah hidangan nasi. Ada nasi bali atau nasi pekalongan. Untuk nasi pekalongan, Anda akan disuguhi nasi putih, megono (makanan khas Pekalongan yang terbuat dari nangka muda dan kecombrang yang ditumis), cumi hitam, telur balado, bakwan jagung, sambal terasi dan kerupuk udang. Nasi ini memiliki rasa gurih yang dominan.

Untuk nasi bali, Anda akan disuguhi nasi putih, urapan Bali yang terbuat dari potongan kacang panjang, ikan tongkol suir bumbu pedas, ayam betutu, satai lilit, sambal matah, telur pindang, dan kerupuk kulit. Rasanya pedas dan gurih yang pastinya sangat familier dengan lidah orang Indonesia. Semua cita rasa yang dihadirkan dalam hidangan itu tidak ada penambahan atau pengurangan rasa yang asli. Beragam menu di Restoran Senyum dibanderol dengan harga Rp50 ribu-Rp150 ribu. Ada sekitar 40-50 jenis makanan yang dihidangkan restoran itu dan akan berganti menu setiap satu bulan untuk memberikan suasana baru dan cita rasa makanan lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. (M-4)

Komentar