Kesehatan

5 Langkah Mudah Mempertajam Otak Anda

Sabtu, 13 May 2017 17:15 WIB Penulis: Torie Natalova

Thinkstock

SEIRING bertambahnya usia, kebanyakan orang akan fokus pada kebugaran tubuh secara fisik. Mereka memilih makan dengan benar untuk menurunkan kadar kolesterol atau berlatih yoga untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Meningkatkan umur panjang tidak hanya dengan cara memiliki fisik yang kuat tapi juga kesehatan mental yang baik. Otak yang lebih tajam dan kuat bergantung pada beberapa faktor seperti nutrisi, pola tidur, aktivitas fisik dan aktivitas sosial.

Untuk menjaga kesehatan mental Anda dalam bentuk prima di usia yang tak lagi muda, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Perbanyak waktu tidur Anda
National Sleep Foundation menyatakan bahwa jumlah optimal tidur seseorang adalah tujuh hingga sembilan jam. Upayakan agar waktu tidur Anda sesuai dengan kebutuhan meski usia semakin bertambah. Hindari minum kafein dan menatap layar gadget sebelum tidur.

2. Makanan yang bergizi
Karena otak adalah salah satu organ dengan jumlah lemak paling banyak, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat sangat penting untuk kesehatan mental. Nutrisi yang baik sangat penting untuk mengurangi depresi. Hindari minuman bersoda karena mengandung gula tinggi yang berkaitan dengan penyusutan otak.

3. Perbanyak olahraga
Kebugaran fisik juga terhubung langsung dengan kesehatan otak dan secara khusus meningkatkan kemampuan orang untuk belajar. Sebuah studi menunjukkan bahwa semakin banyak latihan atau olahraga yang dilakukan, semakin banyak otak tumbuh. Ini secara signifikan memperbesar kemampuan otak untuk menyesuaikan diri dengan pengalaman baru yang dapat meningkatkan ketangkasan mental sekaligus meningkatkan monilitas dan keseimbangan.

4. Tetap berkreasi
Berinvestasi dalam suatu aktivitas seni meningkatkan konsentrasi mental. Secara khusus, hobi kreatif dapat mencegah demensia. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan kemampuan otak untuk fokus dan juga hidup lebih lama.

5. Rutin berinteraksi sosial
Olahraga dan melakukan kerajinan tangan memang dapat mempertajam otak. Tapi, dorongan mental tambahan dapat diraih dengan melakukannya bersama orang lain. Sebuah studi menunjukkan bagaimana aktivitas sosial secara signifikan meningkatkan kejernihan mental.

Ini berarti interaksi rutin dengan keluarga dan teman memberi energi pada proses pemikiran individu yang menghasilkan penalaran lebih jelas. Kekuatan dukungan sosial mencegah penurunan kognitif. (MTVN/OL-7)

Komentar