Teknopolis

Hiburan dalam Satu Aplikasi

Sabtu, 13 May 2017 16:45 WIB Penulis: Thalatie K Yani

JIKA Anda yang mengira Yuri seorang perempuan, jawabannya iya.

Akan tetapi, jika Anda yang mengira Yuri adalah manusia, jawabannya tidak!

Hi Yuri merupakan salah satu keseruan di aplikasi Line yang bisa Anda rasakan.

Program yang bisa dimainkan dengan bantuan chat bot itu merupakan pemenang utama Line Developer Challenge Indonesia, besutan Iplayallday Studio.

Chat bot ialah program cerdas berupa layanan pesan instan yang mampu menstimulasikan percakapan dengan kode tertentu antara satu atau lebih banyak orang, secara teks maupun audio.

Chat bot bisa membalas bermacam kebutuhan yang diminta dari berbagai sumber dengan waktu yang singkat.

Program itu bisa berjalan dengan baik berkat dukungan server utama Line sehingga ia akan memiliki kemampuan dalam membaca data yang diketik dalam waktu singkat dan tentunya memberikan respons yang cepat.

Dengan komunikasi dua arah yang interaktif, chat bot mampu membuat penggunanya merasakan sensasi berkomunikasi dengan sesama manusia.

Pengguna bisa terus bertanya dan meminta layanan yang ditawarkan layaknya memiliki asisten pribadi.

Fenomena ini mulai dikenalkan di Tiongkok melalui aplikasi Wechat pada 2013.

Seiring dengan penggunaannya, chat bot tak hanya difungsikan sebagai medium automasi pesan saja, tetapi juga dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk menjangkau konsumen di lingkup yang lebih personal.

Teknologi serupa juga mendukung inovasi lain yang sifatnya eksperimental, seperti chat bot percakapan virtual hingga penerapan learning machine.

Pendidikan hingga info diskon

Sejak Line Corporation mengumumkan konferensi Chatbot serta ragam teknologi untuk aplikasi pesan Line dalam acara Line Developer Day 2016 di Hikarie Hall, Shibuya, Jepang, para developer pun berlomba-lomba terjun untuk kembali mengulik dunia tersebut.

Line Developer Challenge yang dilaksanakan pada 2 Februari hingga 31 Maret 2017 itu menjadi ajang pembuktian bagi setidaknya 399 peserta dari pelajar hingga developer.

Kali ini perusahaan aplikasi pesan itu bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding.

Matthew Tanudjaja selaku Global Engineer Line yang ditemui Media Indonesia, Rabu (24/4), di Kantor Line mengaku kini chat bot juga sudah dimudahkan dengan adanya fasilitas API messaging.

"Jadi selain bisa chat personal, kini chat bot bisa digunakan untuk mengirim pesan dalam grup," ujarnya.

Line Developer Challenge dibagi menjadi tiga kategori, yakni kategori utillitas untuk bot yang membuat tugas sehari-hari lebih mudah.

Kategori gim yaitu bot yang sangat interaktif dan dapat mendekatkan antarpengguna.

Kategori student bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan para pelajar.

Di antaranya ada Qiwi Portal. Qiwi Portal adalah bot karya dua mahasiswa Universitas Bina Nusantara (Binus), Michelle Neysa dan Eric Marcelino.

Kedua mahasiswa yang juga merangkap sebagai Software Laboratory Center (SLC) Teaching Assistant itu membuat sebuah bot yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan para pelajar dan mahasiswa.

Qiwi mampu memahami 20 bahasa sehingga ia akan bisa diakses siapa saja.

Selain itu, kelebihan yang Qiwi berikan ialah ia mampu membantu menyusun jadwal, menyimpan tugas, hingga memberikan informasi beasiswa, dan informasi magang yang cocok untuk penggunanya.

Sistem yang Qiwi berikan pun mudah, pengguna cukup meng-input jadwal kelas atau tugas dan dengan sendirinya Qiwi akan mengingatkan.

Tak hanya itu, ia juga terhubung langsung dengan Wikipedia. Jadi saat pengguna bertanya tentang sesuatu, ia bisa langsung menjawab.

Tak hanya pelajar, para pemburu diskon pun juga memiliki pahlawan.

Getdiskon ialah salah satu chat bot yang berhasil memenangi kategori utilitas.

Melihat sering kali banyak fake discount yang beredar di aplikasi pesan, Peter, Andre, Rolando, Reynard, dan Innes memutuskan membuat bot yang mampu menemani penggunanya agar bisa berbelanja dengan cerdas.

Berhasil mengintegerasikan data dengan mal, brand, serta kartu kredit bank, mereka yakin bahwa informasi yang disajikan itu benar dan tepercaya. Di dalamnya pengguna bisa memilih diskon berdasarkan jenis, wilayah, dan melihat apa saja syarat yang berlaku.

"Hanya dalam satu aplikasi tetapi pengguna bisa mendapatkan semuanya, seperti one stop shoping. Hanya, di sini bentuknya informasi," ujar Peter saat ditemui seusai konferensi pers di Sentral Senayan, Rabu (26/4). (*/M-1)

Komentar