Eksplorasi

Peneliti Belgia Kembangkan Perangkat yang Mengubah Polusi Udara Menjadi Hidrogen

Sabtu, 13 May 2017 03:15 WIB Penulis: (iflscience/Hnf/L-2)

UNIV OF ANTWERP & KU LEUVEN

UDARA bersih dan energi terbarukan merupakan impian banyak orang saat ini. Makin tercemarnya udara dan berkurangnya pasokan energi fosil membuat hal itu menjadi tantangan. Baru-baru ini peneliti dari Belgia menciptakan perangkat untuk mengatasi kedua masalah tersebut. Perangkat itu mampu memurnikan udara yang tercemar dan mengubahnya menjadi gas hidrogen dan produk sampingan lain.

Studi tersebut dikembangkan tim peneliti dari University of Antwerp dan KU Leuven (University of Leuven). Perangkat yang berbentuk kotak seukuran telapak tangan tersebut berisi sel fotoelektrokimia yang berfungsi mengubah udara tercemar menjadi hidrogen. Proses tersebut menggunakan teknologi yang sama dengan panel surya. Bedanya ialah perangkat itu bukan menghasilkan listrik, melainkan gas hidrogen.

Meski mampu menghasilkan hidrogen, perangkat tersebut juga menghasilkan produk sampingan, yaitu karbon dioksida dan karbon monoksida yang menjadi masalah dalam perangkat yang dijalankan dengan tenaga cahaya tersebut. Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Chemsuschem tersebut akan terus dikembangkan sehingga dapat digunakan dalam skala besar dan bisa memasuki ranah industri.

Komentar