Properti

Apartemen Kampus U-Resort Ingin Jadi Residensial Berbasis Riset

Jum'at, 12 May 2017 17:53 WIB Penulis: Micom

Ist

PT Prima Permata Agung, pengembang apartemen mahasiswa modern, University Resort Bogor (U-Resort) meraih penghargaan ‘My Home Award' 2017 untuk kategori 'Apartemen dengan konsep hunian yang dipadukan dengan kehidupan kampus' di Jakarta, Rabu (10/5).

U-Resort ialah apartemen mahasiswa yang inspirasinya berasal dari University Town, apartemen mahasiswa yang ada di National University of Singapore (NUS). Semua aktivitas mahasiswa di NUS, mulai dari belajar, bekerja dan aktivitas sehari-hari dilakukan dalam jarak yang berdekatan. Setiap tahun, terdapat 2.400 mahasiswa sarjana, 1.700 mahasiswa pascasarjana dan 1.000 peneliti yang tinggal U-Town NUS.

"Nah, konsepnya kami adopsi menjadikan U-Resort sebagai kawasan residensial dengan nuansa kehidupan kampus yang kental. Lokasinya juga dekat dengan Kampus IPB, yakni hanya 1 km dari kampus IPB," kata Dimas Ario Purnomosidi, Managing Director University Resort, seusai menerima penghargaan tersebut di Jakarta, Rabu (10/5).

Rio yang juga Wakil Ketua REI DKI Jakarta itu menambahkan, apartemen itu disebut U-Resort karena lokasinya persis berada di tepi Danau Situ Gede dan hutan CIFOR milik PBB yang asri sehingga sangat menunjang kegiatan belajar dan penelitian mahasiswa.

Rencana U- Resort dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare. Tahap pertama, lima blok apartemen, masing-masing setinggi empat lantai (low rise building) dengan total 180 unit.

U-Resort berbeda dengan apartemen khusus mahasiswa lainnya karena yang bisa menempati hanya mahasiswa dan staf IPB. Beberapa kebijakan dan budaya kampus juga akan diterapkan, termasuk bebas dari narkoba dan miras, pun jaminan mengenai sanitasi dan kesehatan lingkungan.

U-Resort telah pula bekerja sama dengan IPB untuk menjadikan apartemen itu sebagai residensial berbasis riset. Rencananya setiap blok punya perpustakaan dan wifi.

Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto mengungkapkan pihaknya menyambut baik kehadiran U-Resort di Kampus IPB Darmaga. U-Resort, kata dia, memberikan solusi atas hunian mahasiswa yang kondusif dan berkualitas, baik dari segi fasilitas pendukungnya dan juga yang mendasar seperti faktor kesehatan, kenyamanan, dan keamanan.

“Konsep yang dimiliki U-Resort kami harapkan mampu mendukung iklim baru bagi kegiatan akademik, sehingga melahirkan sumber daya manusia yang bersaing, sesuai tantangan zaman,” tutup Herry. (X-12)

Komentar