Katalog Belanja

Cantik Sehat dengan Bahan Alami

Jum'at, 12 May 2017 06:25 WIB Penulis: Ghani Nurcahyadi

MI/GHANI NURCAHYADI

SEMANGAT kembali ke alam dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk keperluan sehari-hari sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

Tak jarang sejumlah produk yang menggunakan bahan alami atau herbal menjadi kesukaan baru masyarakat untuk mempercantik diri atau meningkatkan kesehatan tubuh.

Menangkap fenomena tersebut, PT Wahyu Promo Citra bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) menyelenggarakan Natural Product Expo 2017 yang bertempat di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) 11-14 Mei. Sebanyak 40-an peserta menjajakan produk alami berupa kosmetik atau obat-obatan yang berasal dari alam.

Presiden Direktur WPC Sukur Sakka menegaskan pameran yang baru pertama kali digelar di Indonesia itu dimaksudkan sebagai jembatan keinginan back to nature masyarakat dengan produsen produk alami dan herbal.

Sebagai ajang pertama, Sukur mengungkapkan tidak menargetkan jumlah transaksi penjualan tertentu di Natural Product Expo 2017.

"Kami melihat penggunaan produk alami sudah menjadi tren dalam budaya masyarakat, tapi masih banyak masyarakat yang belum tahu cara mendapatkan produk alami tersebut. Karena itulah, kami menyelenggarakan event ini. Bukan hanya produsen dalam negeri, luar negeri ikut menjadi peserta," kata dia kepada Media Indonesia di Jakarta, kemarin.

Meski baru pertama kali digelar, pihaknya menyeleksi ketat peserta yang dapat ikut dalam pameran tersebut.

Syarat utama yang perlu dipenuhi yaitu produk sudah terdaftar atau mendapat sertifikasi Badan POM. Target 30 ribu pengunjung, diakui Sukur, diharapkan tercapai karena keinginan besar masyarakat untuk menggunakan produk alami.

Herlina, 40, warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mengatakan dirinya bersama tiga temannya sengaja datang ke Natural Product Expo 2017 untuk memburu produk-produk alami yang sudah digunakannya untuk mempercantik diri sejak tiga tahun terakhir.

Ia mengaku biasa menggunakan pembersih wajah atau sabun mandi dari bahan alami.

"Kalau pakai yang natural biasanya punya efek lebih tahan lama bila dibandingkan dengan yang diproses secara kimiawi. Datang ke sini juga untuk melihat-lihat obat-obatan herbal yang bisa dikonsumsi untuk sehari-hari," kata ibu dua anak tersebut dan diamini ketiga rekannya yang setia menemaninya mengitari area pameran.

Harga khusus

Pilihan Herlina untuk datang ke Natural Product Expo 2017 tidak salah. Dalam pameran tersebut, sejumlah produsen menyiapkan produk dan harga khusus bagi pembeli.

Contohnya saja PT Gizi Indonesia yang memperkenalkan dua produk baru yang diluncurkan tahun ini.

Produsen krim perawatan kulit yang menggunakam rumput laut pada sebagian produknya itu juga berniat menjaring rekan baru dalam pameran tersebut.

"Produk baru kami yang menggunakan temu lawak untuk remaja 17-25 tahun kini menguasai hampir 60% penjualan kami. Dalam pameran ini, kami juga memperkenalkan lini bisnis yang fokus pada kerja sama untuk menghasilkan produk alami. Jadi cukup datang ke kami dan minta dibuatkan jenis produk yang diinginkan. Nanti kami lihat kandungannya benar-benar alami atau tidak untuk bisa dipasarkan," kata Head of Business Development Gizi Indonesia Yuana Mukti.

Selain produk kecantikan, pengunjung pun dapat memperoleh produk perawatan kesehatan alami.

Salah satunya yaitu minyak Kutus-Kutus yang menggunakan 69 bahan alami diproduksi oleh PT Tamba Waras.

Menurut Lilies Susanti Handayani dari Tamba Waras, produk tersebut bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan sejumlah penyakit.

Stan minyak Kutus-Kutus juga membuka proses terapi singkat bagi pengunjung dengan mengoleskan minyak tersebut ke beberapa bagian tubuh.

"Di Indonesia, kami sudah memiliki 10 distributor ke seluruh wilayah Indonesia. Beberapa produk kami juga sudah masuk ke Eropa," kata Yani, panggilannya. Minyak tersebut dibuat secara mandiri sejak 2012.

(S-4)

Komentar