Kesehatan

5 Ciri Tubuh Anda Kurang Vitamin

Rabu, 10 May 2017 23:35 WIB Penulis: Nia Deviyana

thinkstock

SEIRING bertambahnya usia, kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin dan mineral akan menurun. Untuk mendeteksinya, tes darah dan beberapa pemeriksaan bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah tubuh Anda kekurangan vitamin atau tidak.

Jeli memperhatikan perubahan fisik bisa menjadi langkah awal untuk mendeteksi defisiensi vitamin. Biasanya, tubuh akan memperlihatkan tanda-tanda seperti berikut ini
Kurang vitamin ternyata juga bisa dideteksi dengan bercermin.

1. Mata sayu dan bengkak
Mata yang bengkak mengindikasikan kurangnya supan yodium. Studi tahun 2006 menemukan hubungan antara asupan yodium dan penyakit tiroid, suatu kondisi yang menyebabkan kelelahan dan mata bengkak. Tanda lain dari defisiensi yodium meliputi kulit kering, penambahan berat badan, dan kuku rapuh. Asupan yodium tak hanya bisa diperoleh dari garam, tetapi juga cranberry, yogurt, kentang, dan stroberi.

2. Kulit pucat
Kurangnya asupan vitamin B12 dapat membuat kulit Anda pucat dan terlihat lelah. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi jika mengalami tanda ini antara lain salmon, daging merah, sereal, yogurt, dan keju swiss.

3. Rambut kering
Bad hair day terjadi karena perawatan rambut yang salah, tetapi rambut yang kering merupakan indikasi kurangnya biotin atau vitamin B7. Biotin rendah juga membuat kuku tampak rapuh dan penipisan rambut.
Disarankan untuk meningkatkan asupan telur dan kacang-kacangan agar rambut dan kuku tampak sehat. Selain memperbaiki rambut dan kulit yang rusak, juga dapat menurunkan risiko diabetes.

4. Bibir pucat
Bibir yang pucat dihubungkan dengan anemia dan asupan zat besi yang rendah. Konsumsi makanan seperti daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, sayur berdaun hijau gelap dapat meningkatkan kadar zat besi dalam darah.

5. Gusi berdarah
Sesekali gusi berdarah setelah menyikat gigi masih dianggap wajar. Tetapi jika sering terjadi, bisa jadi merupakan indikasi kurangnya vitamin C, terutama jika dibarengi gejala seperti nyeri sendi dan otot.
Tingkatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi jeruk, paprika merah, kangkung, brokoli, dan stroberi. (MTVN/OL-7)

Komentar