Surat Pembaca

Masyarakat Pandeglang Minta Industri Air Kemasan Beroperasi

Sabtu, 6 May 2017 21:07 WIB Penulis: MUSTAGFIRIN Tokoh Masyarakat, Desa Cadasari, Kecamatan Cadasari, Kab Pandeglang, Banten Ketua Organda Kab Pandeglang

Thinkstock

KABUPATEN Pandeglang, seperti wilayah lain di Indonesia, membutuhkan pertumbuhan dan pengembangan agar kehidupan perekoniomian daerah berdampak terhadap kesejahteraan masyarkat.

Karena itu, ketika ada informasi bahwa PT Tirta Fresindo Jaya (PT TFJ), anak perusahaan Mayora Grup, yang memproduksi air minum kemasan Le Minerale memiliki minat untuk melakukan investasi di wilayah Kecamatan Cadasari, maka hal itu disambut gembira oleh masyarakat Pandeglang. Beroperasinya pabrik tersebut diyakini akan mendorong investor lain masuk ke Pandeglang.

Dalam perkembangannya, PT TFJ ternyata tidak hanya menunjukkan minat, akan tetapi juga terlihat mulai mengambil langkah untuk merealisasikan rencana investasi.
Beberapa langkah pun diimplementasikan pabrik tersebut. Misalkan melakukan penelitian dan pendekatan ke berbagai dinas terkait. Mulai dari Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertanian, Dinas Tata Ruang dan Lingkungan Hidup serta dinas lainnya.

Kami pun, setelah melakukan pengkajian memandang layak PT TFJ untuk mendirikan industri air mineral di Kecamatan Cadasari tersebut. Kami pun, setelah mempertimbangkan dari berbagai sudut pandang, memandang bahwa banyak manfaat beroperasinya industri air kemasan di Pandeglang lebih banyak manfaatnya daripada mudharatnya, baik untuk Kabupaten Pandeglang maupun Provinsi Banten.

Apalagi, bila PT TFJ juga menyalurkan dana Corporate Social Resposibility (CSR)-nya di wilayah Pandeglang yang dapat digunakan untuk membantu pembangunan di sekitar lokasi industri tersebut. Penyaluran dana CSR itu dapat pula dalam bentuk bangunan fisik maupun bantuan di bidang pendidikan.
Di samping itu, jika industri air kemasan tersebut sukses beroperasi, maka hal tersbut akan mendatangkan investor lain dari sektor yang berbeda untuk menanamkan modal di Kabupaten Pandeglang.

Jadi bisa dikatakan, kehadiran PT TFJ dapat menjadi tolok ukur bagi masuknya investor lain. Kalau PT TFJ telah berhasil merealisasikan investasi dalam industri air kemasan di Pandeglang, maka di belakang PT TFJ diyakini akan banyak investor lain yang bersiap masuk untuk berinvestasi di Pandeglang.

Sebelumnya, kami masyarakat Pandeglang pun menyambut gembira, ketika Bupati Pandeglang Irna Dimyati pernah mengatakan kehadiran investor akan menguntungkan dan bisa menggerakan roda ekonomi daerah.

Tidak hanya membuka lapangan kerja, realisas investasi juga dikatakan akan menggerakan sektor ekonomi lainnya.
Orang yang bekerja di pabrik, misalkan, tentu membutuhkan tempat makan dan minum dan kebutuhan lainnya seperti tempat tinggal, transportasi, dan sbagainya. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi masyarakat Pandeglang.

Karena itulah, kami benar-benar meminta agar PT TFJ segera merealisasikan dan mengoperasikan industri air minum kemasan di Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Komentar