Kuliner

Rasa Jiran di Jakarta

Ahad, 7 May 2017 00:01 WIB Penulis: (Riz/M-4)

Char Kway Teow. MI/ADAM DWI

MEMPERINGATI 60 tahun hubungan diplomatik Malaysia dan Indonesia, restoran Seasonal Taste di hotel The Westin Jakarta menyajikan beragam masakan khas negeri jiran. Semua yang disajikan dalam program bertajuk Malaysian Culinary Delights yang berlangsung 5-15 Mei 2017 itu mendatangkan chef langsung dari Malaysia. Salah satu menu makanan yang disajikan adalah Char Kway Teow. Masakan khas Penang, Malaysia Utara, itu merupakan masakan sederhana dan mudah dibuat, tetapi cita rasanya sesuai dengan selera Indonesia.

“Jadi Char Kway Teow itu bumbunya ada chili paste, seafood (udang, cumi, dan lainnya), tauge, daun kucai, garlic, dan kway teow. Semuanya ditumis dalam waktu yang tidak lama. Kalau kita masak terlalu lama nanti dia lembek. Jadi masaknya harus di pan yang panas dan pakai sedikit minyak. Setelah matang bisa diberi dekorasi macam bawang goreng, daun bawang, atau lettuce,” jelas Chef The Westin Kuala Lumpur, Abdul Halim Sultan, kepada Media Indonesia, Kamis (4/5).

Rasa dari Char Kway Teow tersebut sedikit pedas dan gurih. Tingkat kematangan kway teow-nya sendiri pas sehingga teksturnya masih kenyal dan tidak lembek. Masakan Malaysia lainnya Laksa Kedah. Berbeda dengan laksa Singapore yang kuahnya menggunakan santan, Laksa Kedah kuahnya jernih. Kuahnya terbuat dari kaldu rebusan ikan kembung atau tenggiri.

“Kuah laksanya itu terbuat dari ikan yang direbus sampai hancur sehingga smooth saat masuk ke mulut, bumbu lainnya ada bunga kantan, serai, cabai, an
asam kepik. Untuk noodle-nya itu pakai dry laksa noodle yang sudah direndam semalaman pakai air dingin,” jelas Chef Halim. Rasa dari Laksa Kedah sendiri sangat unik, yaitu asam tapi segar.

Mengakhiri hidangan Anda, coba bubur Qasidah. Bubur ini terbuat dari tepung beras yang diberi gula dan minyak hewani. Penyajiannya unik karena setelah matang, bubur tersebut ditaburi bawang goreng. Ada rasa manis dan gurih dari bawang gorengnya serta tekstur lembut dari bubur. Bubur Qasidah sendiri dapat dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin. Beragam menu Malaysian Culinary Delights tersebut dapat Anda nikmati dengan harga Rp398.000++ untuk lunch, sedangkan untuk dinner harganya Rp438.000++. (Riz/M-4)

Komentar