Eksplorasi

Herba Rosmarin Tingkatkan Daya Ingat Anak

Sabtu, 6 May 2017 02:15 WIB Penulis: (Dailymail/Hnf/L-2)

thinkstock

ANDA ingin meningkatkan daya ingat anak sebelum ia menghadapi ujian? Cobalah minta mereka menghirup aroma rosmarin. Tumbuhan penghasil rempah tersebut sudah lama dikenal bisa membantu memperkuat daya ingat manusia. Pada masa Yunani kuno, ilmuwan menggunakan rosmarin saat akan menjalani ujian. Para peneliti di Universitas Northumbria menemukan minyak esensial rosmarin sangat membantu anak-anak soal ingatan mereka.

Studi itu merupakan lanjutan penelitian sebelumnya yang menyatakan rosmarin dapat meningkatkan ingatan orang dewasa. "Karena mengetahui betapa pentingnya memori kerja dalam prestasi akademik, kami ingin melihat apakah efek serupa akan berlaku pada anak usia sekolah?" ujar salah satu peneliti Dr Mark Moss. Dalam penelitian, 40 anak berusia 10 hingga 11 tahun secara acak diminta memasuki ruangan dengan aroma rosmarin dan juga ruangan tanpa aroma.

Selama 10 menit di ruangan tersebut, anak-anak menjalani tes yang menguji ingatan. Hasilnya anak-anak yang bekerja di ruangan beraroma rosmarin mendapat nilai jauh lebih baik, terutama dalam tes mengingat kata. Dr Mark Moss dan Victoria Earle akan mempresentasikan hasil penelitian tersebut pada konferensi tahunan British Psychological Society di Brighton, akhir pekan ini.

Komentar