Polkam dan HAM

Kasus Hukum Ahok Harus Kembali ke Ranah Hukum

Kamis, 4 May 2017 17:48 WIB Penulis: Putri Anisa Yuliani

MI/ANGGA YUNIAR

PAKAR hukum pidana, Emrus Sihombing menegaskan masyarakat dan berbagai pihak harus menerima kenyataan bahwa kasus dugaan penodaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok harus dikembalikan kepada ranah hukum.

Emrus yang dihubungi Media Indonesia mengatakan pihak-pihak yang berkepentingan di dalam kasus Ahok telah terlalu jauh menyeret kasus ini ke dalam ranah politik.

"Sudahlah, kita terima saja bahwa sudah saatnya kembali ke ranah hukum. Tak perlu lagi ada aksi-aksi, yang bersangkutan sudah disidang dan ada tuntutan. Sebentar lagi mau vonis," kata Emrus, Kamis (4/5).

Ia pun meminta semua kalangan menerima fakta dan kesaksian yang telah disampaikan dalam sidang-sidang yang digelar di pengadilan. Emrus melanjutkan, saat ini saatnya memberi ruang pada majelis hakim sebagai pihak yang punya kewajiban untuk memberi putusan vonis kepada terdakwa.

Ia pun berharap, tidak ada intervensi-intervensi yang dapat mengganggu putusan hakim.

"Terutama karena sorotan kepada kasus ini sangat luas bahkan diperhatikan oleh media asing. Kita percayakan pada majelis hakim. Kota semua sudah mengikuti beritanya tidak ada yang direkayasa," tukasnya. (X-12)

Komentar