On This Day

1613:Dinasti Romanov Berkuasa di Rusia

Selasa, 2 May 2017 10:05 WIB Penulis: BBC | History | Dok MI

Wikipedia

BERKUASANYA Wangsa Romanov dimulai seiring dengan diangkatnya Mikhail Romanov sebagai tsar Rusia. Nenek moyang mereka ialah Andrei Kobyla. Generasi-generasi berikutnya kemudian diyakini sebagai leluhur terkemuka.

Mereka diyakini datang ke Moskow dari Prusia pada 1341, ketika mereka menjadi pemberontak yang terkenal. Di akhir abad ke-17, alur fiktif bahwa mereka keturunan Julius Caesar disebarluaskan.

Setelah Fyodor I, raja terakhir dari Wangsa Rurik meninggal pada 1598, Rurik mengalami 15 tahun masa chaos yang berakhir ketika para anggota dewan tanah memilih Mikhail Romanov sebagai tsar baru.

Wangsa Romanov ialah wangsa kedua dan terakhir di Rusia, yang menguasai Muskovia dan Kekaisaran Rusia selama lima generasi, 1613-1762.

Dari 1762 hingga 1917, Rusia dikuasai gabungan penguasa dari Wangsa Romanov dan Wangsa Oldenburg, yang dikenal sebagai Holstein-Gottorp-Romanov.

Kekuasaan Wangsa Romanov berakhir tragis ketika terjadi Revolusi Bolsevik pada Oktober 1917. Tsar terakhir dari Dinasti Romanov, Nicholas II, beserta keluarganya dihukum mati oleh rezim sosialis yang kemudian berkuasa di Rusia.

Komentar