Teknopolis

Microsoft Akui Kematian Windows Phone?

Senin, 1 May 2017 00:50 WIB Penulis: Lufthi Anggraeni

AP Photo/Raphael Satter

DOKUMEN terakhir yang didaftarkan Microsoft kepada SEC mengonfirmasikan informasi yang menyebutnya tidak lagi akan mengembangkan perangkat bersistem operasi Windows Phone.

Menurut Phone Arena dalam dokumen sebelumnya, Microsoft mencantumkan daftar investasi pada produk yang akan meluncur di masa mendatang, termasuk Windows Phone pada laporan fiskal kuartal kedua.

Namun pada dokumen terbaru yang didaftarkan untuk kuartal ketiga, tidak terdapat nama Windows Phone. Pada dokumen tersebut, juga tidak dapat ditemukan Windows 10 Mobile yang sebelumnya digadang sebagai pengganti dari sistem operasi Windows Phone tersebut.

Microsoft dinilai telah memahami bahwa Windows Phone merupakan kegagalan dan terpaksa menjual edisi khusus dari Samsung Galaxy S8. Meskipun demikian, Microsoft telah menghasilkan banyak uang dari perizinan paten terkait Android miliknya, jika dibandingkan dengan penjualan perangkat Windows Phone.

Dokumen tersebut turut menimbulkan spekulasi terkait Surface Phone yang dirumorkan tengah dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft diperkirakan akan kembali memasuki ranah persaingan smartphone melalui ponsel cerdas dari lini Surface tersebut, meski tidak akan terlaksana dalamw waktu dekat.

Selain melalui paten terkait Android, Microsoft juga dilaporkan tengah menkmati kesuksesan dari tablet seri Surface Pro yang disambut baik oleh konsumen. Meskipun Windows Phone dinilai gagal, Microsoft diyakini tidak akan mengulang kesalahannya kembali. (MTVN/OL-3)

Komentar