MI Muda

Pandai Bicara, Eksis Kemudian

Ahad, 23 April 2017 03:31 WIB Penulis: Bagus Patria/M-1

Dok. Bagus Patria

Kemampuan berbicara di depan orang banyak menjadi salah satu keterampilan penting buat anak muda agar selalu eksis. Berbagai pekerjaan dan kegiatan membutuhkan kemampuan untuk mempresentasikan sesuatu di depan banyak orang.

Kendalanya, banyak orang yang bisa dibilang memiliki pengetahuan tentang suatu hal cukup baik, tapi tidak dapat menyampaikannya kepada orang lain. Masalah yang paling sering ialah gugup ketika melihat orang banyak. Dari kegugupan itulah seolah-olah otak kita kosong dan seketika tidak bisa mengingat materi. Itulah alasan seharusnya sejak sekolah kita mesti mengasah keterampilan berbicara di depan umum agar eksis di berbagai bidang yang kita tekuni kelak.

Kamis (23/3) kemarin, Media Indonesia bekerja sama dengan SMA Izada, Tangerang, Banten, mengadakan pelatihan public speaking bagi 90 siswa kelas X dan XI.

Siapkan materi

Acara dimulai dengan pengarahan materi langsung oleh Media Indonesia yang menjadi pembawa materi. Ada kiat mempersiapkan pidato, mulai menguasai isinya hingga mengetahui siapa audiens kita sehingga persiapan teknis seperti materi presentasi.

Ada pula latihan berbicara yang langsung dilakukan para siswa di depan teman-teman mereka. Ternyata lebih dari separuh siswa sudah memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk berbicara di depan umum, bahkan melucu.

Setiap siswa yang maju pasti mengundang gelak tawa dari murid, pembicara, hingga guru. Ada yang bercerita tentang gawai kesukaan hingga usaha ayahnya atau sekedar memberikan tebak-tebakan absurd.

"Seru dari pagi kita belajar bagaimana public speaking yang baik, di akhir juga kita di tes satu-satu dan itu asyik sekaligus lucu banget," jelas Muhamad Biandrei, 16, Ketua OSIS SMA Izada. (M-1)

Bagus Patria, Jurusan Jurnalistik

Universitas Padjadjaran

Komentar