Foto

Cerita Kesetiaan dan Kebanggaan

Ahad, 23 April 2017 00:15 WIB Penulis: M-3

MI/Sumaryanto Bronto

SEMENTARA api membubung membakar rumah-rumah kayu warga eks Gafatar, dua pria berusaha menyelamatkan bendera Merah Putih ditiang yang terpancang di deretan rumah itu. Itulah pemandangan yang terselip di antara insiden pembakaran oleh massa di kawasan Monton Panjang, Mempawah, Kalimantan Barat, di awal 2016.

Foto tersebut telah bercerita tentang kesetiaan akan lambang negara. Dalam tragedi pelik sekalipun, masih ada orang-orang yang mengingat nasionalisme walau dalam sebentuk simbol.

Foto di suatu sudut Kalimantan itu pula yang mengingatkan pada heroisme prajurit-prajurit Amerika Serikat saat mengibarkan bendera di tengah pertempuran Iwo Jima, Jepang, pada 23 Februari 1945. Foto karya Joe Rosenthal memenangi hadiah Pulitzer dan dianggap sebagai salah satu foto perang yang paling penting hingga kini.

Sepenggal kisah kesetiaan nasionalisme itu pula yang mengantarkan foto karya Jessica Helena Wuysang di permukiman eks-Gafatar tersebut sebagai Photo of the Year ajang Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2017. Karya dari pewarta foto perempuan kantor berita Antara ini mengunguli 5.488 karya foto lainnya.

Foto-foto lainnya yang dinobatkan terbaik dalam tingkat kategori juga menceritakan kesetiaan dan kebanggaan, dalam artinya masing-masing. Bahkan, kebanggaan diri dalam sosok para tenaga kerja indonesia (TKI) di Taiwan. Foto yang menggambarkan sosok-sosok perempuan TKI dengan gaya busana atraktif ini dibidik pewarta foto Media Indonesia, Ramdani. Foto karyanya menjuarai kategori People in News Story.

Ramdani juga berhasil menyabet juara ke-3 untuk karya jurnalistik kategori multimedia, denga karya berjudul Sebelum Kampung Tergusur. Rommy Pujianto, menambah kebanggaan Media Indonesia dengan menjadi juara 2 kategori sport dengan foto pelari kursi roda Jawa Tengah Jaka Sriyana. Fotonya kuat menangkap ekspresi kebanggaan Jaka ketika finis pertama pada pertandingan final lari kursi roda 800 meter, Peparnas XV/2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Selain itu, masih ada 15 karya foto jurnalistik terbaik yang dinobatkan dalam ajang ini. Karya-karya foto ini dipamerkan di Galeria Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, hingga Minggu, 29 April 2017 mendatang. (M-3)

Komentar