Ekonomi

Transaksi Perbankan antar Himbara Bakal Gratis

Jum'at, 21 April 2017 20:40 WIB Penulis: Fetry Wuryasti

MI/Susanto

PEMBENTUKAN badan usaha untuk mengakomodasi kerja sama antara himpunan bank milik negara (Himbara) dengan Telkom untuk national payment gateway (NPG), segera berjalan.

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) Alex J Sinaga mengatakan sudah menyelesaikan pembentukan badan usaha untuk mengkoordinir jaringan transaksi bank tersebut.

''Nama perusahaannya adalah PT Jalin, yang dahulu adalah Link dari Himbara, yakni gateway untuk menghubungkan empat bank Himbara. Dahulu manage service ada di Telkom. Sehingga yang memiliki aset Telkom, trafficnya bank-bank Himbara,'' ujar Alex di Jakarta, Jumat (21/4).

Kemudian, lanjut Alex, Kementerian BUMN menugaskan Telkom membuat PT baru. Telkom juga sudah mem-split aset mereka menjadi aset milik PT Jalin Indonesia, di mana sampai saat ini pemegang saham 100% masih milik Telkom.

''Kami juga sedang proses strategic partner dengan Himbara menindaklanjuti dari MoU. Sehingga nanti pemiliknya Himbara dan Telkom. Lisensi dari Bank Indonesia juga sudah keluar. Saya kira sekarang (perusahaan) sudah beroperasi hanya tinggal masalah administratif. Nanti kepemilikan PT Jalin Indonesia ini adalah kami bersama, dengan demikian Telkom dan Himbara bersinergi,'' tegasnya.

Dengan adanya anak usaha ini, ATM bank-bank Himbara otomatis akan bisa menjadi satu, tanpa dikenakan transaksi fee antar empat bank Himbara bagi para nasabah.

''Positifnya, pertama, payment sistem di Indonesia menjadi terstruktur. Kemudian Himbara dan Telkom bersinergi untuk bisa meningkatkan digital payment di Indonesia. Kedua, bagi para nasabah akan mendapat cost yang lebih murah karena masing-masing Himbara tidak jalan sendiri-sendiri lagi. Sehingga menjadi efisien secara industri perbankan khususnya yang dikelola BUMN,'' tukas Alex. (OL-4)

Komentar