Megapolitan

Polisi Tangkap Pelaku Penggelapan Minyak Goreng

Jum'at, 21 April 2017 18:15 WIB Penulis: Nicky Aulia Widadio

ANTARA

PENYIDIK Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap dua orang pelaku penggelapan minyak goreng curah berinisial KS dan TA. Praktik ini telah mereka lakukan selama dua tahun.

Setiap kali minyak dibawa dari pabrik di kawasan Margonda, Depok, ke distributor yang berada di Bandung, pelaku mengeluarkan sebanyak 90 liter minyak dari total yang diangkut. Aksi itu mereka laksanakan di Jalan Cakung-Cilincing, Jakarta Timur.

"Kerugian per tangki diambil 90 liter, bahasa mereka kilogram, dalam satu bulan mereka bisa mendapatkan 10 ton," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Komisaris Besar Wahyu Hadiningrat.

Minyak kemudian dijual KS kepada TA dengan harga Rp6.500 per liter. Selanjutnya KS menjualnya seharga Rp9.000 per liter. Padahal, harga pasaran minyak semestinya lebih tinggi dari itu.

"Dengan kejadian seperti ini tentunya yang bisa didistribusikan langsung ke masyarakat itu bisa berkurang. Kemudian harga pasar juga berpengaruh," tambah Wahyu.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa 290 liter minyak curah yang belum terjual, satu buang mobil tangki, sejumlah drum serta uang tunai dan alat penyedot minyak.

Akibat perbuatannya tersangka terancam dijerat Undang Undang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (X-12)

Komentar