Nusantara

Busana Jawa Warnai Upacara Hari Kartini di Klaten

Jum'at, 21 April 2017 14:15 WIB Penulis: Djoko Sardjono

MI/Djoko Sardjono

PERINGATAN ke-138 Hari Kartini tingkat Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, digelar dengan upacara di Alun-alun Klaten, Jumat (21/4). Upacara dipimpin Plt Bupati Sri Mulyani, dengan diikuti sekitar 1.500 aparatur supil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Klaten.

Peserta upacara dan tamu undangan, semua mengenakan busana adat Jawa, pria pakai berkap lengkap dengan blankong dan keris. Sedangkan yang perempuan berkebaya. Bahasa yang digunakan pun bahasa Jawa, termasuk sambutan Plt Bupati Klaten selaku inspektur upacara.

Seusai bertindak sebagai inspektur upacara, Plt Bupati Klaten Sri Mulyani kepada pers mengharapkan agar wanita tidak hanya sekadar hiasan rumah dan pelengkap kehidupan. Tapi, perlu memperbanyak ilmu untuk kebahagiaan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba, antara lain lomba kebersihan antarpuskesmas, antarsekolah, antar-SKPD, dan merias wajah istri dengan peserta pejabat. Lomba digelar dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini. (OL-5)

Komentar