Megapolitan

Ahok: Kalau Ada Rusun Siap, Normalisasi Sungai Diteruskan

Jum'at, 21 April 2017 10:37 WIB Penulis: Intan Fauzi/MTVN

MI/Galih Pradipta

GUBERNUR DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok belum bisa memastikan apakah bakal ada normalisasi sungai di Jakarta sampai Oktober. Normalisasi sungai, menurut dia, bergantung pada ketersediaan rusun.

"Tergantung rusunnya siap apa enggak, kalau rusunnya siap tetap kita teruskan normalisasi sungai," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (21/4).

Sejauh ini, sudah 50 persen sungai Ciliwung dinormalisasi. Ahok membanggakan manfaat normalisasi Ciliwung selain mengurangi banjir. "Kamu lihat saja sekarang Ciliwung ikan mas saja sudah hidup, berarti kan sudah berhasil," sambungnya.

Ahok memastikan, normalisasi sungai Ciliwung tetap berlanjut. Selama rusun siap, penertiban permukiman di bantaran sungai tidak akan dihentikan. "Kalau ada rumah susun siap juga kita gusur hari ini," tegasnya.

Ahok bahkan belum menargetkan berapa banyak normalisasi sungai yang akan dilakukan sampai masa jabatannya habis. Ia pun belum menentukan lokasi normalisasi.

Soal ketersediaan rusun, Ahok mengungkapkan, semestinya sampai bulan ini setidaknya sudah ada 2.000 unit rusun siap dari total 10.000 lebih unit yang ditargetkan rampung tahun ini. Namun, mantan Bupati Belitung Timur itu belum memiliki data rusun mana yang sudah siap.

"Kalau lihat dari progress harusnya siap sampai 2.000 mungkin, saya enggak tahu berapa tempat," ucap dia.

Beberapa rusun yang batal dibangun tahun 2016, sebagian sudah selesai, salah satunya yang berlokasi di Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat, menurut Ahok, rusun tersebut bakal diberikan pada warga yang sudah terkena normalisasi sebelumnya. "Kita lihat nanti, kadang-kadang ada beberapa yang siap itu sudah diundi buat tempat lain," terangnya.(OL-3)

Komentar