Polkam dan HAM

Memangkas Masalah Birokrasi di Mal

Jum'at, 21 April 2017 07:30 WIB Penulis: Mario Pasaribu/MTVN

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan Rebiro), Asman Abnur -- ANTARA FOTO/Didik Suhartono

KEMENTERIAN Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan Rebiro) berencana membangun mal pelayanan publik. Mal yang bisa juga disebut Mal Birokrasi ini rencananya akan dibangun di tiga kota di Indonesia.

Surabaya, kata Menteri Asman Abnur, menjadi salah satu kota percontohan soal pelayanan publik. Adapun kota-kota yang akan dibangun mal tersebut adalah Surabaya, DKI Jakarta dan Batam.

Menteri Asman menjelaskan mal pelayanan publik ini sebagai bentuk pemotongan birokrasi di Indonesia. Nantinya satu gedung Mal ini diharapkan bisa melayani seluruh pelayanan publik.

Diketahui selama ini, masyarakat memiliki stigma negatif dengan pelayanan publik dan birokrasi. Birokrasi dianggap memiliki alur yang panjang dan butuh waktu yang cukup lama pada saat masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat.

Namun dalam mal ini nantinya dimungkinkan, warga bisa membuat KTP atau pun proses perizinan lainnya. Menteri Asman berharap dengan hadirnya mal birokrasi ini warga bisa lebih mudah dengan pelayanan yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan.(OL-3)

Komentar