Ekonomi

Pemudik Disarankan Menggunakan Kapal Roro

Jum'at, 21 April 2017 06:45 WIB Penulis: (Jes/E-2)

MI/ANGGA YUNIAR

UNTUK memudahkan mobilitas masyarakat dalam menjalani mudik Lebaran tahun ini, pemerintah telah menyiapkan berbagai moda transportasi. Salah satunya ialah kapal roll on-roll off (roro). "Yang baru di tahun ini adalah kapal roro. Kita harapkan itu akan mengurangi kemacet-an di jalan. Buat pemudik juga enak, tidak ada pungli, tidak ada kecelakaan," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi di kantornya, Kamis (20/4). Adapun rute yang akan dilayani kapal itu antara lain Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Lampung.

Kapal-kapal tersebut bisa menampung sekitar 300-400 kendaraan per kapal. Menurut Luhut, mulai tahun ini mudik menggunakan kapal roro akan mulai digalakkan pemerintah. Angkutan barang dan logistik pun bisa memanfaatkan kapal tersebut saat dilarang beroperasi pada musim mudik. Ia menuturkan perjalanan menggunakan kapal roro diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh jika dibandingkan dengan perjalanan lewat darat menggunakan kendaraan roda empat. Misalnya, rute Jakarta-Surabaya yang bisa menghabiskan waktu lebih dari 24 jam dengan mobil, jadi lebih singkat .

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo I Bambang Eka Cahyana menyatakan pihaknya akan berfokus pada angkutan Lebaran di Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, dan Pelabuhan Dumai. Pasalnya, ketiga pelabuhan itu akan menjadi pintu masuk tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin mudik ke Pulau Jawa. "Untuk di Belawan, kita punya program bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk meringankan beban. Kita membuat mudik gratis dari Batam ke Belawan," ucap Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Tbk) Pahala Mansury mengatakan pihaknya akan menambah sekitar 45 ribu kursi selama arus mudik Lebaran. Perinciannya, tambahan jumlah penerbangan atau pesawat sekitar 33 ribu kursi dan penggunaan pesawat berbadan besar yang mampu menambah jumlah kursi sekitar 12 ribu.

Komentar