Nusantara

Stok Pangan Terjaga Harga Terkendali

Jum'at, 21 April 2017 02:31 WIB Penulis: Solmi

FOTO ANTARA/Arief Priyono

SATU bulan menjelang Ramadan, stok dan harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di Tanah Air masih terjaga dalam batas yang wajar. Hal itu diperoleh dari hasil kunjungan tim Kementerian Perdagangan, Kamis (20/4). "Persediaannya mencukupi dan harga jual terkendali," kata Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antarlembaga Kemendag, Suhanto, seusai mengunjungi Pasar Angso Duo, pasar tradisional terbesar di Kota Jambi. Harga daging sapi segar, misalnya, dijual Rp120 ribu untuk daging kelas satu dan daging kelas dua Rp60 ribu/kg.

Lalu, daging ayam dijual Rp22 ribu/kg, cabai merah Rp15 ribu-Rp18 ribu/kg. Begitu juga saat tim mengecek persediaan sembako ke gudang logistik milik Divre Bulog Jambi dan sejumlah gudang pengusaha sembako di Kota Jambi. "Melalui kunjungan ini kita ingin meyakinkan masyarakat di Jambi, tidak perlu panik menghadapi puasa," seru Suhanto. Soal implementasi kebijakan harga eceran tertinggi (HET) tiga komoditas, tim Kemendag menemukan penjualan gula pasir yang melebihi HET, yakni seharga Rp12.500/kg di Swalayan Meranti.

Gula pasir bermerek seberat 1 kg masih dijual Rp14.500 dan tanpa merek seharga Rp12.900. Suhanto langsung menegur pengelola swalayan bahwa harga itu menyalahi aturan. "Selain kena sanksi pemerintah, otomatis akan rugi sendiri karena konsumen akan ke tempat lain yang menjual yang sesuai HET," kata Suhanto. Adapun dua komoditas lain sudah dijual sesuai harga HET, yakni minyak goreng kemasan sederhana Rp11 ribu/kg dan daging sapi beku Rp80 ribu/kg. Penetapan HET ketiga komoditas itu merupakan hasil MoU Kemendag, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), distributor gula, minyak goreng, dan daging, di Jakarta, baru-baru ini.

"Penetapan HET tidak akan merugikan dunia usaha karena untuk mewujudkan titik keseimbangan harga," timpal Suhanto. Selain Jambi, Kemendag juga memastikan stok dan harga bahan pokok di Lampung. "Dari hasil pantauan di Pasar Pasir Gintung dapat disimpulkan bahwa ketersediaan barang kebutuhan pokok mencukupi karena pasokan dijaga sejak awal, dan untuk harga juga stabil," sebut Staf Ahli Kemendag Bidang Perdagangan Jasa, Lasminingsih, di Pasar Pasir Gintung.

Laporan harian
Meski begitu, Kemendag mengingatkan pemda untuk terus memantau dan melaporkan perkembangan harga harian secara intensif mulai H-7 Ramadan sampai H+1 Lebaran. Pemda juga harus menjaga keamanan dan kelancaran distribusi barang. "Daerah harus siap mengambil langkah-langkah koordinatif untuk menstabilkan harga bahan pokok yang sudah di luar batas kewajaran," tegas Lasminingsih. Selain Jambi dan Lampung, Kemendag juga memantau stok dan harga di Kota Pekanbaru, Riau.

Di Sumsel, Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Agus Yusdiantoro mengutarakan harga minyak goreng belum sesuai HET, tapi mendekati. Harga gula kemasan besar dijual Rp13 ribu-Rp15 ribu/kg. (NV/BG/DG/LN/FL/PO/YH/YK/BB/LD/AD/AU/JS/N-4)

Komentar