Olahraga

Kemenaker dan Imigrasi Sepakati Jalan Tengah

Jum'at, 21 April 2017 01:30 WIB Penulis: (Sat/R-1)

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

GONJANG-GANJING status pemain asing di Indonesia yang belum memiliki kartu izin tinggal terbatas (Kitas) menjadi perbincangan hangat belakangan ini. Pasalnya tanpa dokumen itu, sejumlah pesepak bola warga negara asing telah menjalankan kegiatan profesional sebagai pekerja di Indonesia. Tidak ingin 'bola api' kekisruhan itu semakin luas, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggelar rapat tertutup dengan pihak terkait untuk memberikan jalan tengah bagi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Dalam pertemuan di Kantor Kemenaker yang juga dihadiri perwakilan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, Kemenpora, BOPI, dan PSSI itu menghasilkan enam poin keputusan yang memudahkan klub-klub Liga 1 mengurus Kitas. Yang perlu digarisbawahi ialah pengurusan Kitas harus melalui pintu Kemenaker. Hal itu karena salah satu syarat permohonan Kitas yakni dokumen izin menggunakan tenaga kerja asing (IMTA) menjadi tupoksi dari Kemenaker. Namun, pertemuan itu menyepakati bahwa baik Kemenaker maupun Ditjen Imigrasi sepakat untuk membantu kilatnya proses finalisasi Kitas bagi pesepak bola asing di Indonesia.

"Saya kira cepat itu, tidak sampai hitungan bulan. Ini yang perlu diluruskan dari masyarakat karena sekarang semua proses sudah online, jadi satu-dua hari saya rasa sudah selesai semua," jelas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan Hery Sudharmanto seusai pertemuan, Kamis (20/4). Direktur Jenderal Binapenta dan PKK Kemenaker Maruli A Hasoloan di kesempatan yang sama menyatakan, jika masih ada pelanggaran, Kemenaker dan Ditjen Imigrasi akan melakukan penindakkan sesuai hukum yang berlaku.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono percaya diri seluruh pertandingan Liga 1 pekan ini tidak akan kehilangan pamor akibat absennya pemain asing. "Kita optimistis ya, dengan dukungan dari Kemenaker dan Ditjen Imigrasi yang sangat tinggi, rasanya tidak hanya pertandingan Jumat, tapi semua pertandingan dari Jumat hingga Senin (akan dapat menggunakan pemain asing)," tukasnya.

Komentar