Polkam dan HAM

Jaksa Tuntut Ahok 1 Tahun Penjara

Kamis, 20 April 2017 11:42 WIB Penulis: Putri Anisa Yuliani

Terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (20/4). -- ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

JAKSA penuntut hukum menyatakan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersalah karena secara sah dan meyakinkan melakukan penodaan agama sesuai dakwaan pasal alternatif 156 KUHP.

Ketua tim JPU, Ali Mukartono pun menuntut Ahok dengan hukuman pidana 1 tahun dengan 2 tahun masa percobaan.

Ali mengatakan, tuntutan masa percobaan tersebut tidak membuat Ahok mesti ditahan dalam kurungan penjara. Itu berlaku jika dalam durasi dua tahun Ahok tidak melakukan tindak pidana serupa.

"Terdakwa secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan penistaan agama sesuai pasal dakwaan alternatif pasal 156 dan menuntut terdakwa dengan tuntutan pidana selama 1 tahun dengan 2 tahun masa percobaan. Terdakwa juga dituntut untuk membayar biaya perkara sebesar Rp 10.000," kata Ali dalam sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/4).

Sementara itu, Ahok pun menjawab akan mengajukan pledoi dalam sidang berikutnya yang diagendakan akan kembali digelar di lokasi yang sama pada Selasa (25/4). (X-12)

Komentar