Internasional

Bus Tergelincir, 44 Orang Tewas

Kamis, 20 April 2017 07:40 WIB Penulis:

AP

SEBUAH bus tergelincir di jalan daerah pegunungan dan terjun ke jurang di daerah Himalaya di wilayah utara India, Rabu (19/4). Insiden tersebut menewaskan 44 orang.

Bus berpenumpang 56 orang tersebut terjun ke sungai di utara Negara Bagian Himachal Pradesh, sekitar 115 kilometer atau 70 mil dari Kota Shimla.

"Sebuah laporan awal menunjukkan bus perusahaan swasta itu jatuh ke jurang dan 40 orang tewas. Laporan terbaru yang diberikan kepada saya menunjukkan 44 orang telah tewas," ungkap Rohan Chand Thakur, Komisaris Distrik Shimla.

"Polisi bergegas ke tempat kejadian. Di lokasi sedang dilakukan upaya penyelamatan," tambahnya.

Sejauh ini belum jelas apa yang menyebabkan kecelakaan.

India memiliki sejumlah jalan yang paling mematikan di dunia dengan lebih dari 150 ribu korban jiwa melayang setiap tahun.

Penyebab kecelakaan tersebut ialah kondisi jalan yang buruk, kendaraan yang tidak terpelihara, dan pengemudi yang sembrono.

Pada Februari, sebanyak 16 orang tewas dan lebih dari 50 orang mengalami luka-luka ketika sebuah truk yang membawa jemaat gereja terbalik di daerah perbukitan timur laut India.

Sejumlah korban selamat mengatakan sopir melakukan manuver ceroboh dan ia kehilangan kendali kendaraan di jalan yang berlubang.

Di India, sejumlah jalan memiliki kondisi mengkhawatirkan.

Sebulan sebelumnya, sebanyak 13 orang tewas ketika bus sekolah bertabrakan dengan truk di India Utara.

Dalam insiden itu bebarap anak tewas. (AFP/Hym/I-3)

Komentar