Sepak Bola

Ronaldo Seratus,Madrid ke Semifinal

Kamis, 20 April 2017 00:31 WIB Penulis: Nurul Fadillah

AFP PHOTO / Christof STACHE

REAL Madrid menorehkan sejarah baru saat menekuk Bayern Muenchen 4-2 di leg kedua perempat final Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (19/4). Mereka menjadi klub pertama yang berhasil mencapai tujuh semifinal secara beruntun dalam 62 tahun bergulirnya kompetisi ter-tinggi klub-klub di Eropa itu. Megabintang el Real, Cristiano Ronaldo, menjadi pahlawan bagi Los Blancos dengan mencetak hattrick. Lewat trigol tersebut, CR7 menjadi pemain pertama yang menembus 100 gol di Liga Champions. Penyerang berusia 32 tahun tersebut melampaui rekor penyerang Barcelona, Lionel Messi, yang sudah men-cetak 94 gol di Liga Champions.

Dalam partai di Bernabeu, Ro-naldo membukukan gol pertamanya pada menit ke-76. Gol itu menyamakan kedudukan setelah sebelumnya gawang Madrid dibobol Robert Lewandowski di menit ke-53. Gol bunuh diri bek Madrid Sergio Ramos menit ke-77 membuat waktu normal berakhir dengan skor 2-1 sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke waktu ekstra karena di leg pertama Los Merengues juga menang 2-1. Di babak perpanjangan, CR7 menjadi penyelamat timnya melalui dua gol yang ia ciptakan di masa perpanjangan waktu (104', 109').

Kemenangan tuan rumah dilengkapi Marco Asensio di menit ke-112 sehingga total agregat menjadi 6-3. "Cristiano menjawab kritik dengan mencetak lima gol dalam dua leg perempat final. Di momen-momen penentu, dia (Ronaldo) selalu membantu kami," ujar Zidane. Pelatih Bayern Munechen, Carlo Ancelotti, menyalahkan wasit Viktor Kassai atas tersingkirnya klub asal Jerman itu. Banyak keputusan yang dinilai Ancelotti merugikan timnya, yakni kartu kuning kedua untuk Arturo Vidal di menit ke-84 serta gol kedua Ronaldo yang dari tayangan ulang terlihat offside.

"Seharusnya wasit lebih berkualitas atau ada video wasit karena terjadi banyak error di pertandingan ini," keluh juru taktik yang membawa Real Madrid meraih La Decima Liga Champions itu. Dengan tersingkirnya Bayern Muenchen, berakhir sudah kiprah Xabi Alonso dan Phillip Lahm di pentas sepak bola Eropa. Sebelumnya, mereka berdua sudah menyatakan akan pensiun selepas musim ini.

Akhir dongeng
Mimpi Leicester City terus menghadirkan kejutan terhenti di perempat final. Hasil imbang 1-1 di King Power Stadium dengan Atletico Madrid membuat tim besutan Craig Shakespeare itu kalah agregat 1-2. Satu-satunya wakil Inggris yang tersisa di Liga Champions itu harus angkat koper setelah Saul Niguez mencetak gol bagi Los Rojiblancos di menit 26. Gol Jamie Vardy di menit 61 sempat menghadirkan harapan. Namun, skor 1-1 menjadi hasil akhir sehingga the Foxes harus angkat koper di tahun pertama keikutsertaan mereka di Liga Champions itu.

Meskipun demikian, 'si Rubah' tetap mendapat apresiasi. Vardy sendiri menjadi pemain Inggris pertama yang menorehkan gol di perempat final Liga Champions sejak Frank Lampard membukukan tendangan penalti bagi Chelsea saat melawan Benfica pada 2012. "Para pemain bisa bangga dengan diri mereka sendiri karena kami telah bertempur dan memberi segalanya," ujar Vardy. (AFP/R-4)

Komentar