Polkam dan HAM

KPU DKI Targetkan Rekapitulasi Di Tingkat Provinsi Paling Lambat 1 Mei

Rabu, 19 April 2017 17:09 WIB Penulis: Putri Anisa Yuliani

MI/ADAM DWI

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menargetkan rekapitulasi suara Pilkada putaran kedua pada tingkat provinsi selambat-lambatnya bisa dilakukan 12 hari sejak hari pemungutan suara.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner KPU DKI Jakarta Betty Epsilon saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (19/4).

Betty lebih lanjut menjelaskan bahwa pengumuman pun langsung dilakukan seusai rekapitulasi suara tingkat provinsi selesai.

"Target kami untuk rekapitulasi di tingkat provinsi adalah 10 hari sampai dengan 12 hari sejak hari ini. Pengumumannya dilakukan di hari yang sama," kata Betty

Sementara itu, untuk pengajuan gugatan sengketa Pilkada DKI, ia menuturkan prosedurnya bisa diajukan ke Mahkamah Konstitusi sesuai aturan yakni selama tiga hari kerja sejak pengumuman rekapitulasi suara tingkat provinsi dilakukan.

"Sesuai prosedur saja, pengajuan sengketa dilakukan dalam waktu tiga hari sejak pengumuman rekapitulasi di tingkat provinsi," tuturnya.

Pihaknya tak menutup kemungkinan adanya gugatan sengketa Pilkada. Sebab, selalu ada yang tidak puas dalam sebuah proses demokrasi. Namun, ia berharap semua ketidakpuasan itu bisa disalurkan melalui prosedur yang benar dan sesuai hukum. (OL-5)

Komentar