Polkam dan HAM

RSCM Bantu Pasien Salurkan Hak Pilih

Rabu, 19 April 2017 16:27 WIB Penulis: Antara

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

RUMAH Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membantu pasien yang tidak dapat menuju ke TPS dengan memfasilitasi pemilihan dilakukan di kamar tempat dirawat.

"Tahap pertama pasien berjalan ke TPS 15, yang tidak bisa dan dirawat di tempat setelah pukul 12.00 WIB dilayani di kamar," ujar Direktur Umum dan Operasional RSCM Surahman Hakim di Jakarta, Rabu (19/4).

Ia memastikan semua pasien yang memiliki hak difasilitasi agar jangan sampai ada yang tidak dapat menyalurkan aspirasinya.

Sebanyak 339 orang terdaftar dalam DPT yang terdiri atas karyawan dan dokter, ada pun pasien yang turut mencoblos sebanyak 120 orang dengan menyertakan formulir A5.

"Tadi ada sekitar 120 A5 yang diterima oleh TPS 15 RSCM," ujar dia.

Menurut dia, terdapat pemilih yang tidak memiliki formulir A5, tetapi setelah diberikan pengertian tentang aturan, keluarga pasien mengerti.

Ada pun Ketua KPU Arief Budiman saat memantau RSCM mengingatkan kembali pentingnya formulir A5 untuk warga yang tidak terdaftar dalam DPT.

"Form A5 itu wajib, diatur dalam regulasi, kalau bertindak di luar itu menjadi masalah hukum. Harus tetap dijalankan A5 dipenuhi dari TPS asal," ujar Arief.

A5 bermanfaat untuk menghindari pencatatan ganda, dengan menghapus nama di TPS asal agar bisa mencoblos di TPS baru.

Mengurus A5, kata Arief, juga tidak sulit bahkan tidak harus datang sendiri, khususnya seperti pasien yang dapat dibantu keluarganya. (OL-5)

Komentar